Kandungan Tersembunyi Dibalik Susu

0
165
Kandungan Tersembunyi Dibalik Susu
Kandungan Tersembunyi Dibalik Susu

Kandungan Tersembunyi Dibalik Susu – Susu dikenal karena memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh misalnya vitamin, protein, dan mineral. Namun di dalam susu pun ada sejumlah kandungan yang bisa memberikan efek kurang baik bagi kesehatan. Salah satu contoh, Anda dapat menemukan laktosa, kandungan yang bisa menyebabkan sebagian orang mengalami gejala intoleransi laktosa seperti mual, kembung, dan diare. Tak hanya itu saja, di dalam susu ternyata pun mempunyai 3 hingga 4 persen lemak trans. Bahkan, sudah menjadi rahasia umum kalau lemak trans tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Lemak trans merupakan kandungan yang dapat membuat Anda mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL). Kalau sampai Anda sering mengonsumsi lemak trans berlebihan, maka risiko untuk terserang penyakit berbahaya misalnya obesitas, tekanan darah tinggi, sampai penyakit jantung koroner pasti akan meningkat dengan signifikan.

Beruntung, berdasarkan pakar kesehatan dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) dr. Marudut, B.Sc MPS, Anda tidak harus mengkhawatirkan kandungan lemak trans yang ada pada susu. Berdasarkan pendapat dari dr. Marudut, lemak trans yang ada pada susu berbeda dengan lemak trans yang ada pada makanan olahan.

Lemak trans yang ada pada margarin sebenarnya mempunyai rantai karbon genap. Hal ini cukup kontras dengan lemak trans yang ada pada susu yang sebenarnya mempunyai rantai karbon ganjil. Kalau lemak trans yang ada pada margarin dapat menimbulkan peningkatan risiko terkena penyakit kardiovaskular, lemak trans yang ada pada susu tak akan menimbulkan masalah kesehatan itu dan malah dapat membantu Anda untuk mencegah datangnya berbagai penyakit, khususnya yang tidak menular.

Menurut sebuah penelitian yang ada di Amerika Serikat, beberapa partisipan yang terdiri dari orang dewasa dan dari beragam ras diminta untuk mengonsumsi susu yang mempunyai kandungan lemak trans. Hasilnya ialah, mereka justru dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dengan signifikan. Tekanan darah sistolik para partisipan tersebut pun cenderung menurun. Malahan, risiko terkena diabetes pun ikut menurun.

BACA JUGA:  Catatan Penting Untuk Menurunan Berat Badan Dengan Sukses

Melihat adanya fakta tersebut, jangan ragu untuk minum susu setiap hari. Karena hal itu baik bagi kesehatan.

Kandungan Tersembunyi Dibalik Susu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here