Penyakit Ginjal Kronik

0
223
Penyakit Ginjal Kronik
Penyakit Ginjal Kronik

Penyakit Ginjal Kronik – Penyakit Ginjal Kronik | Bagi Anda yang mempunyai sahabat yang menderita gagal ginjal kronik, pasti Anda bertanya “ Apa sih gagal ginjal kronik itu? Kira-kira menular gak sih?”. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa pengertian gagal ginjal kronik dan penyebab gagal ginjal tersebut.

Gagal ginjal kronik sebenarnya salah satu penyakit yang tidak menular. Gagal ginjal kronik merupakan keadaan gangguan fungsi ginjal yang bersifat menahun berlangsung dan bersifat progresif dan irreversible (tidak dapat kembali ke keadaan semula). Keadaan tersebut menyebabkan kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit yang menyebabkan uremia (retensi dan sampah nitrogen lain dalam darah). Hilangnya fungsi cadangan ginjal seringkali tidak disadari penderita. Pada gagal ginjal kronik, gangguan fungsi ginjal seringkali sudah disertai gejala yang nyata dalam aktivitas sehari-hari. Penderita mulai menunjukkan gejala anemia (terjadi penurunan hemoglobin).

Adapun beberapa penyebab gagal ginjal kronik yang perlu Anda ketahui, antara lain :

  1. Glomerulonefritik

Glomerulonefritik adalah suatu sindrom yang ditandai oleh peradangan dari glomerulus yang diikuti pembentukan beberapa antigen yang mungkin endogenus (seperti sirkulasi tiroglobulin) atau eksogenus (agen infeksius atau proses penyakit sistemik yang menyertai) ginjal mengenal antigen sebagai benda asing dan mulai membentuk antibodi untuk menyerangnya.

  1. Nefropati Analgesic

Nefropati Analgesic adalah suatu bentuk penyakit buah pinggang kronik akibat penggunaan obat penahan rasa sakit dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan obat penahan rasa sakit dalam jangka waktu yang lama akan merusak buah pinggang, yang akhirnya akan menyebabkan kegagalan buah pinggang.

  1. Nefropati Refluks

Nefropati Refluks adalah ketidakpatenan sistem katup satu arah tempat ureter masuk ke kandung kemih. Katup yang tidak normal ini memungkinkan urin berbalik ke ureter refluks vesikoureter (RVU). Selain itu, terjadi statis urin di kandung kemih. Hal ini mempermudah terjadinya infeksi, dan refluks persisten dari urin yang terinfeksi ke ureter menyebabkan kerusakan parenkim ginjal (jaringan ginjal).

  1. Ginjal Polikistik
BACA JUGA:  Salah Posisi Tidur

Ginjal Polikistik adalah suatu kelainan genetik yang ditandai oleh pertumbuhan banyak kista seperti anggur yang berisi cairan di ginjal. Kedua ginjal menjadi lebih besar dari waktu ke waktu dan kista kemudian mengambil alih dan merusak jaringan ginjal.

  1. Diabetes

Kencing manis menjadi salah satu penyebab munculnya gangguan fungsi ginjal atau penyakit ginjal kronis. Kelebihan kadar gula darah  dalam jangka waktu yang panjang akan merusak filter-filter pada ginjal, sehingga secara pasti akan merusak fungsi ginjal.

Itulah pembahasan mengenai Penyakit Ginjal Kronik yang perlu Anda pahami. Semoga bermanfaat. Amiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here