Penyakit Pada Ginjal Manusia

0
269
Penyakit Pada Ginjal Manusia
Penyakit Pada Ginjal Manusia

Penyakit Pada Ginjal Manusia – Penyakit Pada Ginjal Manusia | Apakah Anda tahu penyakit pada ginjal manusia? Mungkin Anda hanya tahu beberapa saja. Sebagian besar manusia tidak mengetahui penyakit pada ginjal mereka. Untuk itu Anda perlu mengetahui “Apa saja sih penyakit yang meyerang ginjal manusia ini?”

Ginjal merupakan organ utama tubuh yang berfungsi sebagai pembentukan urin. Pembentukkan urin sendiri dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dari penyaringan, penyerapan kembali dan sekresi. Dan proses tersebut terjadi di bagian-bagian ginjal tertentu. Ginjal juga bisa mengalami kerusakan yang dapat mengakibatkan masalah seperti proses penyaringan hingga ginjal tidak dapat menghasilkan urin.

Ada beberapa Penyakit Pada Ginjal Manusia yang perlu Anda ketahui, antara lain :

  1. Batu Ginjal

Batu Ginjal ini dapat terbentuk karena adanya pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal atau kandung kemih. Biasanya bagi penderita akan kesulitan untuk buang air kecil.

  1. Nefritis

Nefritis ini merupakan kerusakan bagian glomerulus ginjal yang diakibatkan alergi racun kuman. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Sehingga mengakibatkan urin masuk kembali ke dalam darah dan penyerapan air menjadi terganggu sehingga timbul pembengkakan pada daerah kaki.

  1. Glukosuria

Penyakit ini merupakan penyakit yang biasanya ditandai dengan adanya glukosa dalam urin. Biasanya juga disebut Kencing Manis. Kadar glukosa dapat meningkat yang diakibatkan kurangnya hormone insulin. Yang mana nefron tidak mampu menyerap kembali glukosa yang berlebih ini, sehingga glukosa dibuang bersamaan dengan urin.

  1. Albuminuria

Albuminuria merupakan penyakit yang ditunjukkan adanya molekul albumin dan protein lain dalam urin. Hal ini disebabkan karena terjadi kerusakan pada alat penyaringan (filtrasi).

  1. Hematuria

Penyakit ini biasanya ditandai karena adanya sel darah merah dalam urin. Penyakit ini disebabkan karena terjadinya peradangan pada organ urinaria atau akibat gesekan oleh batu ginjal.

  1. Gagal Ginjal
BACA JUGA:  Manfaat dan Khasiat Buah Ceplukan Untuk Kesehatan Yang Harganya Selangit

Gagal ginjal terjadi karena adanya salah satu ginjal yang tidak berfungsi. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penimbunan urea dalam tubuh dan bisa mengakibatkan kematian.

Itulah pembahasan mengenai Penyakit Pada Ginjal Manusia yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. Amiinn.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here