Pola Makan Ibu Hamil

0
24
Pola Makan Ibu Hamil
Pola Makan Ibu Hamil

Pola Makan Ibu Hamil – Selama masa hamil, seorang ibu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi khususnya makanan yang bergizi. Selain itu, seorang ibu harus mengatur pola makannya guna mencegah terjadinya dampak negatif terhadap janin dalam kandungan. Pertanyaanya adalah “Bagaimana sih pola makan ibu hamil yang baik?”

Pola makan ibu hamil memang sangat perlu diperhatikan. Pola makan ibu hamil yang tidak teratur akan meningkatkan resiko terjadinya dampak negatif terhadap janin dalam kandungan. Oleh karena itu, jangan sampai ibu yang sedang hamil mengalami kurang makan dan terlalu banyak makan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita hamil yang terlalu banyak makan berpotensi meningkatkan tekanan darah tinggi, pre-eklamsia dan diabetes gestasional di dalam tubuhnya. Selain itu, juga dapat menyebabkan sulitnya proses kelahiran secara normal, sehingga perlu operasi untuk mengeluarkan buah hati tersebut.

Pola makan yang baik bagi ibu hamil harus memenuhi sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Untuk memperoleh pengaruh yang baik dari pola makan ibu hamil, maka perlu adanya prinsip seperti : jumlah makan terkontrol, mutu lebih baik dan susunan menu harus seimbang.

Adapun cara mengatur pola makan ibu hamil yang baik, antara lain :

  1. Triwulan I

Pada triwulan I, ibu hamil sering mengalami penurunan pemasukan makanan yang disebabkan karena menurunnya nafsu makan dan sering timbul mual atau muntah. Untuk mengatasi mual atau muntah tersebut, sebaiknya pemberian porsi makan lebih sedikit dengan frekuensi pemberian yang sering.

  1. Triwulan II

Pada triwulan II, biasanya nafsu makan ibu hamil menjadi meningkat. Kebutuhan akan zat tenaga, zat pengatur dan zat pembangun lebih banyak dibandingkan kebutuhan saat hamil muda. Untuk itu, Kebutuhan akan zat tenaga, zat pengatur dan zat pembangun perlu diberikan lebih banyak guna pertumbuhan janin yang pesat dan untuk persiapan proses persalinan.

  1. Triwulan III
BACA JUGA:  Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Pada triwulan III, nafsu makan ibu hamil menjadi lebih baik dan sering merasa lapar. Pada saat mengalami kondisi ini, usahakan jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan guna mencegah bertambahnya berat badan. Makanan yang mengandung lemak, hidrat arang (manis-manis) dan gorengan perlu dikurangi.

Itulah pembahasan mengenai Pola Makan Ibu Hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. Amiin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here