Perubahan Tubuh Ibu setiap minggu selama kehamilan

0
19
Perubahan Tubuh Ibu Setiap Minggu Selama Kehamilan
Perubahan Tubuh Ibu Setiap Minggu Selama Kehamilan

Perubahan Tubuh Ibu setiap minggu selama kehamilan – Kehamilan akan mengubah ibu baik penampilan internal maupun eksternal. Dari konsepsi hingga hari transendensi, tubuh akan mengalami transformasi yang luar biasa. Berikut ini akan kami jelasakan perubahan tubuh setiap minggu selama kehamilan.

Perubahan Tubuh Ibu setiap minggu selama kehamilan

Minggu 1

Untuk berhasil memiliki bayi dan kondisi janin selalu sehat, penting bahwa tubuh ibu harus sehat. Jadi, sudah waktunya bagi Anda untuk merencanakan diet, olahraga, istirahat, dan sebagainya untuk memastikan tubuh Anda dalam kondisi terbaik untuk hamil. Moms harus menghilangkan kebiasaan buruk seperti alkohol, merokok atau kegiatan yang tidak pantas. Juga, bicarakan dengan dokter Anda tentang kehamilan Anda dan pastikan ibu Anda menggunakan pengobatan yang aman dan tepat dalam waktu sensitif ini.

Minggu 2

Setelah berhasil, embrio menempel di rahim ibunya untuk siap untuk perjalanan ajaibnya dalam sembilan bulan ke depan. Ovarium menghentikan ovulasi tetapi terus menghasilkan progesteron untuk mempertahankan rahim dengan penumpang kecil yang hidup di atasnya.

Minggu 3

Minggu ini, dia bisa melihat sedikit darah atau kemerahan, merah muda atau kemerahan dari vagina. Ini menyebabkan banyak ibu mengira siklus menstruasi mereka salah. Namun, pada kenyataannya, aliran darah jauh lebih sedikit daripada darah dari periode menstruasi normal dan itu adalah salah satu tanda pertama bahwa seorang ibu hamil.

Fenomena pendarahan ini benar-benar normal, ibu tidak perlu ditenangkan kecuali dalam kasus perdarahan yang berlebihan atau sakit perut, perasaan perut seperti memiliki benda tajam, bahkan kram di satu sisi. Silakan datang ke dokter Anda segera. Gejala-gejala ini sangat mungkin menjadi tanda peringatan ibu yang mengalami kehamilan ektopik atau di tuba fallopi. Penyebab umum dari fenomena ini adalah peradangan tuba, infeksi di rahim, saluran telur atau indung telur.

Minggu 4

Periode ibumu telah tertunda? Dua garis yang jelas pada tes kehamilan jelas akan mengkonfirmasi kabar baik untuk ibu. Kali ini dia akan mulai merasakan payudaranya sedikit naik dan sakit. Tummy tresses adalah tanda-tanda pertama kehamilan yang umum bagi banyak ibu, dan beberapa ibu akan mengalami tanda ini dalam beberapa hari atau minggu. Selain itu, tubuh ibu akan lebih sensitif terhadap rasanya. Makanan lezat yang Ibu cintai sebelumnya atau bau bunga masih ibu “ekstasi”, sekarang morning sickness membuat ibunya meninggalkan mereka jauh.

 

Minggu 5

Suasana hati berubah “sinar matahari, hujan” sangat normal ketika ibu hamil karena perubahan hormonal. Kadang-kadang dia bisa mengalami semua emosi, depresi, kemarahan, emosi, stres, atau perasaan tidak aman …. dalam waktu singkat. Perubahan mood paling mungkin terjadi pada bulan berikutnya dan dapat meningkat lagi pada kehamilan lanjut. Menurut beberapa penelitian, sekitar 10-20% wanita hamil mengalami depresi selama kehamilan, sama dengan jumlah kehamilan pascapersalinan dengan penyakit. Jadi jangan meremehkan perubahan ini, kapan pun selama kehamilan, jika suasana hati Anda tertekan selama lebih dari dua minggu dan Anda tidak bahagia, hubungi dokter Anda segera. Saya perlu campur tangan dalam waktu.

Minggu 6

Wanita hamil akan mengalami gejala seperti kelelahan, mual, muntah, nyeri dada, sakit kepala, konstipasi, perubahan suasana hati, pusing, bahkan sinkop. Namun, gejala-gejala ini akan menurun dalam beberapa minggu ke depan. Ini adalah gejala paling umum dalam kehamilan yang hampir setiap sister akan hadapi.

Minggu 7

Meskipun perubahan tubuh tidak terlihat pada saat itu, dia dapat melihat bahwa berat badannya telah meningkat, dan pakaiannya menjadi sedikit lebih ketat. Pada titik ini, ibu saya tidak perlu memakai pakaian tetapi dia bisa pergi ke toko selama beberapa bulan ke depan ketika perutnya jernih.

Pada titik ini, kulit ibunya juga mulai berubah. Sangat bagus jika kulitnya cerah, halus dan cantik dibandingkan sebelum hamil tetapi tidak terlalu kaget dan sedih ibu jika kulit terlihat buruk, warna gelap dan muncul jerawat nhé. Ini sangat mudah terjadi karena perubahan hormonal dan bukan hanya ibu baru yang mengalami “efek samping” ketika pemilihan tidak.

Minggu 8

Merasa lapar dan ingin makan beberapa jenis makanan seperti cokelat atau keripik kentang akan merusak rencana makan sehat yang telah dijadwalkan sebelumnya. Dalam hal ini, ibu dapat mengurangi keinginan untuk makanan ini dengan beberapa makanan yang baik untuk ibu seperti smoothies buah, secangkir keju atau segelas susu. Cobalah untuk memastikan Anda mendapatkan cukup nutrisi yang Anda butuhkan untuk perkembangan bayi Anda serta untuk kesehatan ibu Anda. Pada saat ini, dia “makan untuk dua” tetapi dokter menyarankan ibunya untuk hanya menyediakan 300 kalori ekstra per hari atau 600 kalori jika dia membawa pasangan

Minggu 11

Perut ibu Anda telah mulai sedikit menyapu, dengan hanya beberapa ibu yang menunjukkan perut pada akhir trimester pertama kehamilan.Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, Anda mungkin merasa agak gemuk, seperti makan makanan lengkap. Rahim saat ini dengan kepalan tangan, tekanan pada ibu kandung kemih begitu sering urinalisis dan menyebabkan beberapa fenomena seperti sembelit, wasir …

Minggu 12

Sampai saat ini, uterus sudah pas di dalam panggul ibu. Rahim ibuku mulai menunjukkan bahwa dia hamil. Selama kehamilan, ibu hamil mungkin juga mengalami perubahan sementara dalam penglihatan. Penyebab mungkin karena retensi cairan di jaringan mata. Kornea dan lensa menjadi lebih tebal, menyebabkan obstruksi di mata, terutama bola mata, yang menyebabkan penglihatan ibu menurun (penglihatan kabur). Jika ini terjadi, ibu Temui dokter Anda dan bicaralah tentang gejala-gejala mata, karena ini adalah tanda bahwa ibu Anda menderita hipertensi atau diabetes.

Minggu 13

Ibu mulai merasa sedikit canggung, canggung, lebih mudah tersandung. Hormon relaxin diproduksi selama kehamilan yang menyebabkan ligamen dan persendian untuk bersantai dalam persiapan untuk kelahiran. Proses “luar biasa” terutama membutuhkan panggul untuk mengembang tetapi relaxin efektif untuk seluruh tubuh, sehingga tangan dan kaki ibu baru terpengaruh, yang mengarah ke fenomena ini.

Minggu 14

Kabar baiknya adalah bahwa saat ini, risiko keguguran telah menurun secara signifikan dibandingkan dengan tiga bulan pertama kehamilan. Suasana hati ibu mulai membaik, nafsu berangsur-angsur kembali, morning sickness berkurang. Namun, beberapa wanita masih akan mengalami morning sickness dan mual sepanjang kehamilan mereka.

Minggu 15

Gejala umum mempengaruhi lebih dari 90% wanita hamil – warna kulit mulai muncul, terutama di sekitar puting, pusar, ketiak dan paha bagian dalam. Untuk ibu dengan rambut hitam dan kulit putih, ibu akan mudah jatuh ke kondisi choloasma, yaitu kulit gelap di sekitar mata, hidung dan pipi. Masalah kulit biasanya hilang setelah beberapa bulan setelah lahir, tetapi mereka tidak dapat sepenuhnya pergi. Tidak ada banyak cara untuk mencegah hal ini, tetapi Anda dapat menjaga kulit Anda lebih gelap dengan membatasi kontak langsung dengan matahari, mengenakan topi lebar dan gaun matahari. seperti mengaplikasikan tabir surya dengan SPF lebih dari 30 ketika ibu harus keluar untuk melindungi kulit.

Minggu 16

Apakah Anda merasa sedikit di perut Anda? Bayiku goyang. Sebagian besar ibu mulai menyadari hal ini dari pertengahan 16 hingga 20 minggu kehamilan. Tendangan pertama berlangsung cukup cepat dan sering disalahartikan sebagai lambung atau gangguan pencernaan yang tidak sehat. Banyak ibu harus menemukan ini menarik setelah beberapa saat.

Minggu 17

Perut ibunya mulai terlihat. Dari titik ini, rahim tumbuh dan dapat tumbuh hingga 500 kali ukuran normal, plasenta akan berubah ukurannya setiap minggu, dan bahkan berat ibu akan berubah dengan cepat.

Minggu 18

Minggu ini bayinya mulai bekerja lebih dan ibunya dengan mudah merasakan tendangan dari bayinya. Tendangan ini akan lebih kuat dan berlangsung lebih sering. Ini juga merupakan tanda bahwa ibu merasa lebih nyaman mengetahui bahwa dia tumbuh setiap hari di tubuhnya.

Minggu ke-19

Disfungsi ereksi mulai menjadi lebih parah, dan berat badan berubah ketika ibu tidak dapat beradaptasi, ini dapat membuatnya lebih mudah tergelincir dan terjatuh. Tubuh ibu secara otomatis menyesuaikan postur dan gaya berjalan untuk menjaga keseimbangan tubuh saat bayi tumbuh. Namun, penyesuaian ini dapat mempengaruhi tulang belakang dan ibu akan merasakan sakit di punggung serta anggota badan. Untuk mencegah kondisi ini, ibu harus berdiri tegak saat dia berjalan ke pinggul dan bahu dalam antrean. Saat duduk, goyangkan kaki sedikit dan berbaring telentang seperti bayi di dalam rahim saat Anda pergi tidur.

Minggu ke-20

Ini adalah titik tengah kehamilan. Perasaan sakit ligamen, rasa sakit di perut, pinggul atau selangkangan benar-benar normal yang hampir ibu hamil juga temui selama kehamilan.

Minggu 21

Apa yang Anda lihat di cermin Anda? Adalah baik jika Anda melihat lekukan tubuh, tetapi tetap saja ibu takut menjadi gemuk dan sedih karena tubuh “obi” ini. Ibu untuk “membuang” kekhawatiran ini, jelas bukan ibu gemuk, perubahan tubuh, kenaikan berat badan adalah karena ibu hamil, tubuh akan secara bertahap kembali seperti sebelum bayinya lahir. Kehamilan adalah hal yang indah, luar biasa, tidak ada alasan bagi ibunya untuk menutupi pemilihannya, memamerkan perutnya di gaun ganti yang tepat, memastikan ibunya cantik, trendi tidak kurang ketika tidak hamil.

BACA JUGA:  Bahaya Kekurangan Kalsium Selama Kehamilan

Minggu 22

Ibu mulai melihat fenomena pusing? Jangan khawatir karena ini adalah efek samping yang normal selama kehamilan. Disebabkan oleh tekanan darah yang menurun, darah tidak dapat mengalir dengan cepat sehingga ibu mudah tersengat ketika berdiri atau setelah berdiri untuk waktu yang lama.

Pada titik ini, hormon kehamilan membuat rambut lebih tebal, kuku lebih panjang, tetapi “perawan” juga akan mulai tumbuh. Ini adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh ibu, tetapi ia tidak boleh membuang serat “jelek” ini dengan deterjen atau depilatori yang mengandung bahan kimia yang tidak aman bagi ibu. dan janin.

Minggu 23

Saat ini bayi membutuhkan banyak nutrisi. Bayi akan menyerap vitamin dan mineral melalui tubuh ibu, sehingga ibu perlu melengkapi zat besi dan vitamin yang diperlukan. Ini mengurangi risiko anemia, situasi di mana tubuh ibu tidak menerima 30mg zat besi yang diperlukan setiap hari untuk menghasilkan sel darah merah yang cukup. Dalam banyak kasus, anemia tidak membahayakan janin tetapi dapat mempengaruhi ibu dengan gejala seperti kelelahan yang parah, kesulitan bernafas, pusing. Hubungi dokter Anda segera jika Anda merasakan gejala muncul untuk menerima suplemen vitamin resep untuk bayi Anda.

Minggu 24

Banyak wanita merasa lelah, berat dan sakit di tubuh saat ini ingin mengurangi seks ibu secara signifikan.

Minggu 25

Seiring waktu, rahim semakin besar, ukuran saat ini mungkin sedekat bola sepak. Rahim akan terus mengembang ke atas, hampir terbaring di antara dada dan pusar dan perut ibu akan lebih terlihat. Pada saat ini, beberapa gejala baru muncul saat jari-jari terasa gatal, mati rasa. Namun, gejala ini akan hilang dalam waktu singkat setelah kelahiran bayi.

Minggu 26

Berat ibu telah meningkat secara signifikan, 15kg atau lebih tergantung pada berat ibu sebelum kehamilan. Kedengarannya seperti ibu telah mendapatkan terlalu banyak berat badan dan banyak ibu khawatir tentang menjadi terlalu gemuk, tetapi ibu harus ingat bahwa kenaikan berat badan mutlak diperlukan dan bahwa berat ekstra adalah karena berat badan bayi, volume darah dan peningkatan cairan, rahim yang lebih besar, payudara yang lebih besar, plasenta, dan cairan ketuban berkembang.

Minggu 27

Banyak wanita menemukan bahwa kehamilan membuat mereka lebih berani, tegas dan percaya diri dari biasanya. Di masa lalu, dia mungkin merasa tidak nyaman melihat seseorang merokok di sebelahnya, tetapi dia hanya mengerutkan kening, tidak berbicara atau mengeluh, tetapi ketika dia hamil dia menyadari dia perlu menyuarakan haknya dan mengatakan Baik untuk bayi di dalam perut, begitu banyak ibu tidak ragu untuk bertanya dan mengekspresikan sikap mereka dalam kasus seperti itu.

Minggu 28

Ibu akan merasa lebih berat dan lebih lelah dalam 3 bulan terakhir kehamilan. Kembung “besar” membuat hal-hal seperti berjalan, tidur atau hanya duduk santai di bangku juga menjadi sulit dengan ibunya. Sesak napas juga merupakan gejala ibu “penyiksaan” dalam tahap akhir ini.

Minggu 29

Jangan kaget atau cemas ketika Anda melihat payudara Anda mengeluarkan cairan kuning. Cairan kekuning-kuningan adalah kolostrum yang mengandung antibodi terhadap infeksi dan meningkatkan ketahanan bayi di masa-masa awal ketika bayi dilahirkan. Biasanya, satu atau dua tetes tidak ada, tetapi jika susu lebih banyak, Anda dapat menempatkan bantalan di dalam bra untuk menyerap susu agar tidak basah.

Minggu 30

Meningkatkan benang sari, stretch mark mulai muncul. Tidak ada cara untuk mencegah stretch mark ini, tetapi mereka akan hilang setelah kelahiran bayi. Jika Anda ingin menggunakan pelembab, oleskan krim untuk mengurangi retak yang jelek.

Stretch mark bukan satu-satunya efek samping, dengan perkiraan 20% kulit wanita hamil rentan terhadap kehamilan. Dalam hal ini, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk menggunakan antihistamin, salep atau lotion untuk mengatasi kondisi ini.

Minggu ke-31

rahim yang membesar menempatkan tekanan pada saraf sciatic yang berjalan dari punggung bawah ke pantat, pinggul dan turun melalui daerah di belakang masing-masing kaki, menyebabkan gatal kronis atau mati rasa di sepanjang jalan di sana. Kondisi ini disebut sciatica. Namun, sang ibu tidak perlu khawatir karena biasanya tidak serius dan tidak mempengaruhi janin.

Minggu ke-32

Pembesaran rahim secara signifikan, bayi akan menekan organ dalam. Beberapa gejala seperti kebocoran urin, nyeri ulu hati dan sesak napas dapat meningkat selama waktu ini. Ini akan mempengaruhi selera ibu dalam beberapa minggu ke depan, menyebabkan ibunya menjadi lapar dan tidak memiliki nafsu makan. Beberapa ibu terpilih bahkan merasa mual lagi di periode ini.

Minggu ke-33

Tidak semua kontraksi berarti ibu akan melahirkan secara prematur. Sama seperti tubuh bayi Anda membutuhkan waktu untuk tumbuh dan cukup besar untuk siap untuk melahirkan, tubuh ibu harus “dikerjakan” sebelum persalinan. Otot-otot ini pemula rahim dan jarang disebut kontraksi Braxton Hicks (thatgia otot), mereka tidak mengarah pada proses persalinan, tetapi hanya untuk membantu tubuh serta semangat ibu dipersiapkan sebelum ketika waktu untuk “melampaui” secara resmi keluar. Gondok ini akan berkurang atau hilang jika ibu mengubah posisi duduk, berdiri atau minum satu atau dua gelas air. Angkatan kerja yang sebenarnya tidak akan berhenti bahkan jika ibu bersantai selama satu atau dua jam.

Minggu 34

Dari titik ini, berat ibu tidak akan berubah terlalu banyak. Ibu tidak cocok dengan sepatu lama dan bra juga harus menggantikan yang baru lebih besar. Ini tidak berarti bahwa ibu gemuk tetapi hanya tubuh yang tumbuh untuk mengakomodasi dan melindungi perut yang tumbuh. Ingat bahwa semua akan sama lagi setelah ibu melahirkan.

Minggu 35

Ibu bisa melihat lebih banyak keputihan, merah muda, bahkan sedikit darah. Ini adalah tanda yang mempersiapkan bayi untuk melahirkan.

Minggu 36

Ibu akan merasa lebih ringan di hari-hari ini. Pada titik ini, bayi stabil dan pada posisi bawah siap untuk melahirkan. Untuk ibu pertama, bayi biasanya “turun” dalam 2-4 minggu sebelum kelahiran. Pada saat yang sama, kelenjar susu dan kolostrum yang membesar lebih dipengaruhi oleh peningkatan hormon oksitosin. Ini membuat ibu merasa agak kental di dada.

Minggu ke-37

Mungkin sekarang dia tidak keberatan untuk memikirkan “cinta”, tetapi beberapa ahli percaya bahwa “cinta” pada saat itu bermanfaat tetapi tidak berbahaya. Serviks penuh dengan darah dan menjadi lebih sensitif, sehingga Anda mungkin melihat beberapa bintik merah setelah berhubungan seks. Tetapi jika darah merah muncul lebih banyak, Anda perlu menghubungi dokter Anda segera.

Minggu 38

Cairan amniotik bayi Anda bisa pecah kapan saja. Kebanyakan wanita mulai memperhatikan bahwa beberapa air dalam cairan ketuban tidak lurus, sehingga mungkin saatnya untuk mandi dan memanggil dokter sebelum tidur.

Minggu ke-39

Kurang dari 5% ibu kandung pada hari kelahiran. Pada titik ini, beberapa tanda dapat membuatnya berpikir bahwa “momen penting” telah datang. Persalinan bisa datang dengan banyak cara: yang paling umum adalah kram atau cairan ketuban bocor atau ibu yang memilih melahirkan sesar.

Minggu 40

Apakah bayinya diharapkan lahir minggu ini? Untungnya, prediksi ini benar. Tidak banyak ibu akan merasakan kontraksi pertama. Mereka datang dengan cepat, Anda akan merasakan rasa sakit yang hebat menyebar melalui perut, punggung dan paha atas. Kontraksi otot berlangsung selama 60 detik atau bahkan lebih lama dan tidak menyerupai rasa sakit yang pernah ia alami. Tetapi ibuku akan mencintai “jiwa” dari hari pada pandangan pertama dan tidak ada kenangan tentang rasa sakit sebagai “kebangkitan mati” yang baru saja dialami ibu.

Minggu ke 41

Ibu masih belum lahir? Tidak masalah. Bayi dapat lahir kapan saja antara minggu ke 38 dan 42 kehamilan. Jika Anda ingin bayi Anda lahir sekarang, pergi ke rumah sakit, dokter akan mendorong gel prostaglandin atau beberapa tetes pitocin IV. Jika cairan ketuban pecah, segera pergi ke rumah sakit.

Minggu ke-42

Bayi masih di dalam rahim? Jangan terlalu peduli, kebanyakan bayi “bercokol” di dalam rahim hingga kini benar-benar aman dan sehat. Minggu ini tidak terlambat untuk kelahiran. Jika memungkinkan, dokter Anda akan mempertimbangkan dan membantu bayi Anda dengan cairan ketuban pecah atau suntikan obat intravena, menghasilkan persalinan dan melahirkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here