Posisi Tidur Ibu Hamil

0
20
Posisi Tidur Ibu Hamil Yang WAJIB Anda Lakukan
Posisi Tidur Ibu Hamil Yang WAJIB Anda Lakukan

Posisi Tidur Ibu Hamil – Setiap ibu yang hamil harus menjaga kesehatan, baik buat Si Ibu sendiri maupun buat janinnya. Salah satunya adalah dengan memperhatikan posisi tidur yang baik. Pertanyaannya adalah “Bagaimana posisi tidur buat ibu hamil yang baik?”

Posisi tidur buat ibu yang hamil memang sangat perlu diperhatikan guna menjaga kesehatan baik Si Ibu maupun janinnya. Ketika kehamilan mulai membesar, masalah yang dihadapi ibu hamil adalah sulit tidur. Hal tersebut disebabkan karena memiliki posisi tidur yang kurang nyaman akibat janin yang mulai membesar. Untuk mengatasi hal tersebut, maka harus ditangani dengan posisi tidur yang baik dan benar, sehingga Si Ibu bisa tidur dengan nyaman dan pulas.

Adapun posisi tidur ibu hamil yang perlu Anda ketahui, antara lain :

  1. Menyamping Ke Kiri

Posisi tidur seperti ini memang sangat direkomendasikan oleh dokter ketika perut mulai membesar. Hati Anda terletak di bagian kanan perut, sehingga tidur menyamping akan membuat janin terhindar dari tekanan organ yang besar itu. Selain itu, posisi ini juga membuat peredaran darah menjadi lancar. Kabarnya, tidur seperti ini juga memaksimalkan kerja ginjal untuk menyaring dan membuang zat kimia yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Caranya adalah berbaringlah menyamping dengan menekuk lutut. Lalu letakkan bantal diantara kaki, bawah punggung dan bawah perut.

  1. Bersandar

Tidur bersandar bisa Anda gunakan sebagai pillihan jika tidak memungkinkan untuk tidur menyamping. Caranya adalah tumpuklah beberapa bantal, lalu tidurlah dengan cara bersandar pada bantal tersebut.

  1. Telungkup

Tidur seperti ini hanya bisa dilakukan pada trisemester pertama saja. Pada kondisi ini, usia janin masih kecil dan dinding uterus masih terlindungi tulang pelvic, sehingga tidak akan melukai janin.

  1. Terlentang
BACA JUGA:  Ini Aspek Penting yang Harus Anda Tahu Sebelum Perawatan Bleaching Rambut

Banyak yang beranggapan bahwa tidur seperti ini membawa dampak aman. Sering kali posisi ini membuat tubuh terasa sakit dan kepayahan. Penyebabnya adalah Anda harus menyangga beban perut saat tidur dan menimbulkan pegal-pegal keesokan harinya.

Itulah pembahasan mengenai Posisi Tidur Ibu Hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. Amiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here