Rumah Kayu Minimalis Modern

0
378
Rumah Kayu Minimalis Modern
Rumah Kayu Minimalis Modern

Rumah Kayu Minimalis Modern – Di Indonesia jenis rumah kayu minimalis bisa dibilang rumah sederhana yang kental dengan budaya tradisional. Di era sekarang ini rumah kayu dikenal juga dengan sebutan rumah country yang identik dan menonjolkan nuansa alam yang natural. Dengan sendirinya jika di era sekarang orang membangun rumah kayu umumnya tema yang digunakan adalah Back to Nature, dimana hampir 100% komponen rumah terbuat dari kayu. Mungkin model rumah secara keseluruhan terlihat kuno, namun disinilah letak daya tarik rumah kayu dimana unsur-unsur tradisional yang terkesan sangat klasik menjadikan rumah kayu sebagai hunian bernilai tinggi.

Desain rumah kayu zaman sekarang sebenarnya tidak bisa berdiri sendiri, artinya untuk satu hunian rumah kayu yang kokoh membutuhkan material lain seperti besi, beton, genteng glasur, dan lain-lain. Material-material ini bukan semata-mata untuk memperkokoh konstruksi namun juga tuntutan desain rumah kearah yang lebih modern. Tentu saja penambahan beberapa material ini tidak menguah konsep, artinya nilai artistik material kayu alami masih terjaga sebab prosentase volume material modern komposisinya sangat dibatasi.

Perhatikan Kualitas Kayu

Meskipun konsepnya cukup sederhana kenyataannya Rumah Kayu Minimalis Modern membutuhkan beberapa persyaratan khusus terutama dalam hal pilihan jenis kayu. Sejauh ini kayu sengon, kayu mahoni dan kayu jati adalah ‘tiga serangkai’ yang sangat dibutuhkan untuk mewujudkan desain rumah kayu yang kokoh. Kayu sengon digunakan untuk tulangan seluruh konstruksi rumah, sementara kayu mahoni digunakan untuk kerangka atap, reng, usuk, dan kerangka plafon. Mengingat kayu jati harganya paling mahal biasanya material ini digunakan untuk membuat kusen-kusen pintu dan jendela, atau furnitur untuk ruangan seperti meja, kursi, lemari, atau kitchen set.

Rumah kayu tetap menjadi hunian yang awet, kokoh, dan komponen kayunya tidak mudah dimakan hama jika kita tahu cara treatment-nya. Biasanya untuk menambah umur pakai dilakukan vanishing supaya kayu memiliki tekstur yang baik dan kualitasnya tetap bisa dipertahankan. Untuk mencegah kayu tidak mudah keropos dimakan sserangga atau rayap umumnya kayu dicat dengan cat anti rayap. Kayu akan berfungsi lebih efektif jika digunakan sebagaimana fungsinya. Dengan kata lain kita harus mampu memilah-milah mana kayu yang seharusnya untuk konstruksi rumah dan mana kayu yang tepat untuk elemen dekorasi. Setiap komponen atau furnitur rumah juga menyesuaikan dengan fleksibilitas kayu karena tiap-tiap jenis kayu memiliki tesktur dan kekuatannya berbeda-beda.

BACA JUGA:  Cara Praktis Mengatasi Kerontokan Rambut

Tips Desain Rumah Kayu

Jika menginginkan rumah kayu secara total memang semua komponen rumah menggunakan bahan baku kayu mulai dari pondasi hingga langit-langit. Jika ingin nuansa lebih klasik dan natural sebaiknya dibeberapa bagian kita aplikasikan cat warna cokelat atau senada dengan warna kayu asli. Untuk tampilan rumah kayu yang sempurna bagian lantai juga terbuat dari kayu. Namun untuk mengurangi penggunaan dana sebaiknya hanya ruangan-ruangan tertentu saja yang lantainya dibuat dari kayu, selebihnya bisa menggunakan material bangunan modern.

Agar Rumah Kayu Minimalis Modern lebih berkarakter dan memiliki ciri khas sebaiknya kita pertegas rumah kayu dengan konsep minimalis yang lebih transparan. Misalnya dengan melengkapi elemen dekoratif ruang tamu dengan furnitur seperti meja dan kursi dari kayu, tentu dengan desain yang unik gaya tradisional. Untuk aksesoris kita tempatkan vas bunga terbuat dari rotan sehingga nuansa klasik semakin kental. Jika area dapur membutuhkan kitchen set, sebaiknya kita pilih kitchen set dari kayu kualitas tinggi. Warna kitchen set sebaiknya menyesuaikan warna desain dapur dan warna furnitur lainnya. Penyesuaian warna ini penting agar warna dinding, furnitur, dan aksesoris tetap seimbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here