Menahan BAB Memicu Terjadinya Serangan Jantung

0
15
Sering Menahan BAB Memicu Terjadinya Serangan Jantung
Sering Menahan BAB Memicu Terjadinya Serangan Jantung

Menahan BAB Memicu Terjadinya Serangan Jantung – Banyak sekali orang – orang yang menahan buang air besar walau sudah ingin melakukannya. Ada banyak sekali alasan dari hal ini. Salah satu contoh, Anda sedang disibukkan dengan beragam kegiatan atau bahkan karena sedang melihat acara televisi favorit. Walau nampak sepele dan wajar untuk dilakukan, menurut para ahli kesehatan, hal ini dapat meningkatkan risiko terserang serangan jantung!

Para ahli kesehatan dr. Vito Damay, SpJP(K) menjelaskan bahwa risiko ini memang akan jauh lebih tinggi bagi pemilik riwayat penyakit jantung, tetapi bukan berarti orang biasa menyepelekannya. Berdasarkan keterangan dr. Vito, kebiasaan sering menahan buang air besar ini dapat menimbulkan tubuh kehilangan kemampuan alami untuk membuang kotoran dengan lancar sehingga meningkatkan risiko terkena konstipasi atau sembelit.

Karena buang air besar menjadi tidak lancar, maka Anda juga akan sering berusaha dengan lebih keras dengan cara mengejan. Malahan, orang dengan riwayat penyakit jantung tidak boleh mengejan saat buang air besar karena dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

“Kalau pengidap riwayat penyakit jantung mengejan ketika buang air besar karena kesulitan untuk mengeluarkan kotoran, maka risiko untuk terkena aritmia atau juga masalah irama jantung yang cukup berbahaya meningkat,” tegas dr. Vito.

Para ahli kesehatan yang lain, dr. Roy Christian, SpJP(K) menjelaskan bahwa pengidap riwayat penyakit jantung mempunyai jantung dengan keadan yang tidak stabil. Sebab alasan itulah kalau mereka sembarangan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, maka jantung akan menjadi semakin terbebani yang bisa saja berimbas pada adanya serangan jantung.

Namun dr. Roy juga menjelaskan bahwa sebetulnya jantung dan organ pencernaan di dalam tubuh Anda tak mempunyai hubungan langsung walaupun kondisinya satu sama lain bisa memberikan pengaruh.

BACA JUGA:  Sering Makan Pedas Memicu Gangguan Usus Halus

Tak hanya menambah risiko terkena serangan jantung, kebiasaan ini juga dapat membuat Anda lebih rentan terkena gangguan kanker usus dan usus buntu. Dengan menahan buang air besar, maka usus Anda akan berkontraksi dengan kuat demi mengganjal kotoran di dalam perut. Hal itu dapat memicu peradangan di dalam usus yang berimbas pada munculnya sel kanker. Tak hanya itu saja, bakteri yang ada pada kotoran yang seharusnya segera keluar malah semakin banyak akibat kotoran yang terus menerus menumpuk dan dapat mencapai bagian usus buntu sehingga memicu peradangan yang membahayakan.

Menahan BAB Memicu Terjadinya Serangan Jantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here