Avanza Masih Dominasi Pasar Mobil Bekas

0
55
Avanza Masih Dominasi Pasar Mobil Bekas
Avanza Masih Dominasi Pasar Mobil Bekas

LEBIH CEPAT – Pasar kendaraan beroda empat bekas di Indonesia diprediksi terus tumbuh sampai 2021. Hingga kini, Toyota Avanza masih mendominasi pasar kendaraan beroda empat bekas di Indonesia, diikuti oleh Honda Jazz.

Kehadiran platform jual/beli kendaraan beroda empat online serta partisipasi perusahaan pembiayaan dalam memfasilitasi pembelian kendaraan beroda empat bekas menjadi faktor-faktor pemicu pertumbuhan pasar kendaraan beroda empat bekas. Selain itu, industri kendaraan beroda empat bekas tumbuh, alasannya yaitu peraturan pelat kendaraan beroda empat ganjil genap di Jakarta. Dengan kebijakan ini, masyarakat terdorong untuk mempunyai dua kendaraan beroda empat dengan pelat nomor tertentu untuk memudahkan mobilitasnya sehari-hari.

OLX, marketplace barang bekas di Indonesia, ikut mencicipi efek dari geliat industri kendaraan beroda empat seken. Setidaknya, terdapat 5,5 juta lebih pembeli yang mencari kendaraan beroda empat bekas di OLX setiap tahunnya. Permintaan tidak hanya tiba dari Jabodetabek, tetapi juga kota-kota besar, mirip Surabaya, Medan, Bandung, dan Makasar.

General Manager OLX Indonesia Olaf van Schagen mengatakan, dari sisi suplai, OLX menunjukkan jenis, merek, harga kendaraan beroda empat bekas yang sangat bervariasi.
“Kecepatan menjual dan jangkauan yang luas menjadi alasan pengguna untuk menjual mobilnya di OLX,” ujar ia dalam siaran pers.

Mobil bekas, kata dia, telah mengakar besar lengan berkuasa di bisnis OLX, semenjak awal platform ini beroperasi di Indonesia. Hampir setiap tahun, terdapat 6 juta iklan kendaraan beroda empat di OLX, yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis/dealer. Hingga tahun ini, terdapat 9.000 lebih dealer kendaraan beroda empat bekas yang memanfaatkan OLX untuk memasarkan kendaraan beroda empat dagangannya.

Berdasarkan keterangan para dealer, demikian Olaf, kendaraan beroda empat tujuh tujuh penumpang masih menjadi favorit banyak pembeli. Merek dan tipe kendaraan beroda empat yang paling banyak diiklankan melalui OLX yaitu Toyota Avanza. Dari sisi pembeli, Avanza juga menjadi kendaraan beroda empat yang paling banyak dicari oleh calon pembeli.

BACA JUGA:  Mata Uang Kripto Masa Depan Trading

Toyota Avanza, kata Olaf, masih mendominasi pasar kendaraan beroda empat bekas, khususnya di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Harga yang tejangkau dan efisiensi materi bakar menjadi daya tarik bagi Avanza dibandingkan dengan kendaraan beroda empat setipe lainnya.

Di urutan kedua terdapat, demikian Olaf, ada Honda Jazz. Selain menjadi kendaraan beroda empat yang paling banyak dicari oleh penguna OLX, dari sisi suplai, kendaraan beroda empat ini menempati urutan kedua. Honda Jazz banyak dipasarkan dengan harga Rp 105-180 juta di OLX, dan banyak dijual di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Denpasar.

Dia menegaskan, Honda Jazz paling banyak dicari oleh wanita, khususnya ibu muda dan mahasiswi. Bodi kompak, pilihan warna yang beragam, serta efisiensi materi bakar menjadi daya tarik utama Jazz. Selain itu, harga jual Honda jazz cukup dinilai cukup stabil oleh para dealer, meskipun telah dipakai 2–3 tahun.

Dari segi segmen mobil, MPV menempati urutan pertama, kemudian hatchback, SUV, sedan, dan pickup/truck. Toyota Avanza pun masih menempati posisi pertama sebagai kendaraan beroda empat MPV yang paling banyak dicari. Harga jual Toyota Avanza di OLX berkisar Rp 110-150 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here