Hary Tanoesoedibjo Targetkan Timnas Juarai AFF Futsal 2018

0
294
Hary Tanoesoedibjo Targetkan Timnas Juarai AFF Futsal 2018
Hary Tanoesoedibjo Targetkan Timnas Juarai AFF Futsal 2018

LEBIH CEPAT – Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo menargetkan Timnas Futsal Indonesia menjuarai Piala AFF Futsal 2018. Apalagi Indonesia ketika ini merupakan tuan rumah.

“Mudah-mudahan kita bisa menang dan jadi nomor satu, alasannya adalah kita harus berpacu supaya bisa meningkatkan ranking futsal kita di dunia internasional dan mudah-mudahan kemudian bisa melangkah ke Piala Dunia,” kata Hary ketika membuka Piala AFF Futsal 2018 di GOR UNY Yogyakarta.

Hary berharap Timnas Indonesia meraih kemenangan di AFF Futsal tahun ini biar ranking di Asia Tenggara bisa melesat ke posisi pertama. Indonesia ketika ini berada di peringkat tiga di antara 8 negara yang mengikuti turnamen tersebut.

“Kita harus melatih mental kita juga, supaya meskipun kita bertanding bukan di sangkar sendiri, mental kita disiapkan dengan baik, juga stamina dan kekompakan kita,” ujarnya.

Meningkatkan kekompakan, lanjut Hary, merupakan keharusan di tengah-tengah kondisi tim yang pemainnya berasal dari banyak sekali klub berbeda dengan waktu persiapan terbatas.

“Mereka itu rata-rata dari klub yang berbeda-beda, sedangkan persiapannya biasanya cuma beberapa bulan. Kadang-kadang belum cukup untuk bisa saling melengkapi dan bersinergi. Jadi, kita berpikir akan satukan para pemain ini dalam satu klub yang kemudian kita latih secara tersendiri,” papar Hary.

Awal menjanjikan dilakukan Timnas Futsal Indonesia di fase Grup A Piala AFF Futsal 2018. Bambang Bayu Saptaji dkk berhasil menghempaskan Myanmar dengan skor 5-1

Di tubruk perdana AFF Futsal 2018, santunan ribuan suporter yang memadati stadion tampak mendongkrak semangat para pemain. Hal itu pun diakui Hary.

“Tentu, suporter itu meningkatkan keyakinan, iman diri. Cuma masalahnya kalau di luar negeri suporter kita sedikit, yang banyak suporter lawan,” tutur Hary.

BACA JUGA:  Anies Berikan Kartu Pekerja Jakarta ke 1.564 Pekerja

Oleh alasannya adalah itu, kata Hary, membangun iman diri tak kalah penting dari peningkatan kemampuan para pemain.

Sementara itu, instruktur Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahashi mengaku puas melihat hasil yang ditorehkan anak asuhannya di awal laga. Bermain di sangkar sendiri diakuinya menjadi laba tersendiri.

“Dukungan suporter sangat kami butuhkan, berpengaruh pengaruhnya untuk mental pemain. Saya tentu berharap Indonesia bisa lanjut ke babak selanjutnya,” harapnya.

Kemenangan Indonesia di tubruk perdana menempatkan Tim Merah Putih di posisi kedua klasemen Grup A. Setelah Malaysia berhasil menghajar Kamboja dengan 10 gol tanpa balas. Pada tubruk berikutnya yang berlangsung hari ini, Selasa (6/11), Indonesia menantang Malaysia.

Kensuke optimistis Timnas Futsal Indonesia akan berhasil menjuarai klasemen Grup A. Persiapan timnya sangat matang, termasuk mempelajari keunggulan dan kelemahan tim-tim yang berlaga di AFF Futsal 2018.

“Kami sudah mengumpulkan rekaman permainan lawan, kemudian menganalisis video itu. Kami mempelajari permainan dan menerapkannya dalam seni manajemen di ketika latihan,” kata laki-laki asal Jepang ini.

AFF Futsal Championship 2018 berlangsung sampai 11 November 2018 yang diikuti delapan negara ialah Indonesia, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here