TKN Jokowi-Ma’ruf: Mari Kampanye Substantif, Namun Tak Liar

0
25
TKN Jokowi Marur Mari Kampanye Substantif, Namun Tak Liar
TKN Jokowi Marur Mari Kampanye Substantif, Namun Tak Liar

LEBIH CEPAT – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Arsul Sani, menganjurkan semua elite politik sebaiknya menata kembali cara berkampanye biar lebih substantif.

Menurut Arsul, capres Joko Widodo sebetulnya sudah memulai kampanye yang substantif dengan secara eksklusif bicara soal acara dan ide. “Maka yang disampaikan ke publik itu yaitu ide, gagasan, dan program,” kata Arsul, Kamis (8/11).

Masalahnya, kata Arsul, kubu lain tak mengikuti format demikian. “Yang disampaikan mampu jadi narasi pandangan baru besar, namun tak diikuti oleh acara aksi. Hal mirip inipun membuka celah terjadinya diskursus liar,” kata dia.

Dia menyontohkan pernyataan Prabowo Subianto, yang berjanji menghentikan impor jika terpilih presiden. “Nah ini kan narasi besar. Tapi dikala itu tidak diikuti dengan aksi, ya sulit,” kata dia.

Prabowo kata beliau bilang tidak mau impor 1,3 juta barel minyak. “Kan harusnya disertai dengan narasi detail bagiamana mau menjembatani jika tidak impor. Bagaimana menjembatani lifting minyak kita di kisaran 700-800.000 barel per hari dengan yang 1,3 juta yang selama ini diimpor,” bebernya.

Menurut Arsul, kampanye yang benar harus mampu memberi klarifikasi detail kepada masyarakat. Bila tidak, sama saja dengan kampanye remeh temeh dan cenderung menjadi diskursus liar.

Arsul mengatakan, bila kampanye positif dan substantif dilakukan secara dua arah, pasti takkan ada saling lapor di antara tim sukses pasangan calon alasannya yaitu isu-remeh-temeh. “Saya ingatkan mari mulai bicara soal narasi besar. Tapi narasi besar saja tidak cukup. Harus disertai klarifikasi detail soal pandangan baru dan program,” kata Arsul.

BACA JUGA:  Sepeda Motor Listrik Indonesia Diproduksi Massal Desember

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here