AS Hentikan Bantuan Isi BBM Pesawat Saudi di Yaman

0
286
031229 F 9629J 003
031229 F 9629J 003

LEBIH CEPAT – Koalisi pimpinan Arab Saudi yang bertempur di Yaman menyampaikan telah meminta dihentikannya pengisian materi bakar di udara oleh Amerika Serikat untuk pesawat-pesawat tempurnya, sehabis para pejabat Amerika menyampaikan akan menghentikan operasi pasokan BBM di tengah meningkatnya kemarahan akhir banyaknya korban sipil dari serangan udara.

Keputusan untuk menarik diri itu juga dilakukan di tengah kemarahan para anggota dewan legislatif Amerika atas perkara pembunuhan kolomnis Washington Post Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul 2 Oktober lalu.

Belum terang bagaimana imbas penarikan AS dari operasi pengisian BBM yang diumumkan hari Sabtu (10/11) itu. Sebelumnya para pejabar AS menyampaikan militer Saudi menangani sekitar 80 persen operasi pengisian BBM di udara dengan pemberian AS, yang memungkinkan pesawat-pesawat tempur menempuh jarak jauh dan melaksanakan serangan cepat.

Namun bahkan dengan dukungan pengisian BBM itu, Arab Saudi juga sudah menghadapi kritik internasional yang meluas atas serangan udara koalisi di Yaman yang menargetkan para pemberontak Syiah yang disebut Houthi di ibu kota negara itu, Sanaa.

Serangan-serangan Saudi telah menghantam pasar, rumah sakit, dan target-target non-militer lainnya, menewaskan banyak warga sipil. Pada Agustus lalu, serangan Saudi di Provinsi Saada mengenai sebuah bus dan menewaskan puluhan orang termasuk bawah umur sekolah yang membawa ransel.

Jumat (9/11) kemarin, para pejabat AS menyampaikan penghentian operasi pengisian materi bakar tidak menghentikan pemberian training dan pemberian militer AS ke Saudi.

Namun, pemerintah Saudi dalam pernyataannya, Sabtu, menyampaikan keputusan pnenghentian pemberian AS itu atas seruan mereka sendiri.

“Sekarang ini Kerajaan dan koalisi sudah meningkatkan kemampuannya untuk melaksanakan pengisian materi bakar di udara secara independen di Yaman,” suara pernyataan yang dilansir kantor isu pemerintah Saudi Press Agency.

BACA JUGA:  Saudi Umumkan Pengurangan Produksi Minyak, Harga Melonjak

“Dengan demikian, melalui konsultasi dengan Amerika Serikat, koalisi telah meminta dihentikannya dukungan pengisian BBM di udara untuk operasinya di Yaman.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here