Bogor Hujan Lebat, Ciliwung dan Cisadane Siaga Banjir

0
279
Bogor Hujan Lebat, Ciliwung Dan Cisadane Siaga Banjir
Bogor Hujan Lebat, Ciliwung Dan Cisadane Siaga Banjir

LEBIH CEPAT – Hujan lebat yang mengguyur daerah Puncak, Bogor dan sekitarnya semenjak Sabtu (10/11) siang menciptakan Tinggu Muka Air (TMA) di Ciliwung dan Cisadane siaga banjir.

Hujan mulai mengguyur semenjak pukul 15:00, ketinggian muka air Sungai Ciliwung masih terpantau 50 centimeter dan sampai pukul 17.30 atau dalam posisi siaga III Banjir Jakarta.

“Terjadi peningkatan semenjak sore tadi dan ketinggian 50 sentimeter sampai pukul 17:00 atau sudah bertahan hampir tiga jam,” kata Kepala Bendung Katulampa, Andi Sudirman.

Ia juga memaparkan, ketika ini kondisi di Puncak atau hulu Ciliwung sendiri masih diguyur hujan deras. Kami masih terus pantau ketinggian air.

Warga Jakarta khususnya yang berada di sekitar sempadan kali Ciliwung diimbau biar terus waspada dengan meningkatnya debit air sungai. Mengingat sampai ketika ini daerah Bogor dan sekitarnya masih di guyur hujan dengan intensitas sedang sampai deras.

“Diperkirakan, air sebanyak 113.000 liter perdetik akan datang di hulu Ciliwung, Jakarta akan datang sekitar 10 sampai 12 jam berikutnya,” katanya.

Selain Ciliwung, Sungai Cisadane juga mengalami kenaikan debit air. Ketinggian air di Pos Empang 120 sentimeter dan pantauan di Pos Batubeulah, Ciampea yang mengalir ke arah Rumpin, menyatu dengan Cikaniki dan terus ke Tanggerang terpantau 300 sentimeter dengan status siaga III.

“Sungai Cisadane juga naik dibutuhkan masyarakat di hulu Tangerang siaga,” tambah Andi.

BACA JUGA:  Lippo Malls Dukung Dunia Pendidikan di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here