AS Akan Segera Umumkan Hasil Penyelidikan Pembunuhan Khashoggi

0
30
Jamal Khashoggi
Jamal Khashoggi

LEBIH CEPAT – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan akan mengumumkan hasil penyelidikan pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi dalam satu sampai dua hari ke depan, Senin (19/11)-Selasa (20/11).

Trump menyampaikan kepada reporter bahwa hasil penyelidikan AS telah menyimpulkan pelaku pembunuhan. “Laporan penuh akan selesai dalam dua hari ke depan, mungkin Senin atau Selasa,” kata Trump, Sabtu (17/11).

Washington Post dan Associated Press hari ini memberitakan bahwa Khasoggi diduga dibunuh pemimpin Arab Saudi. Kedua media itu mengutip pejabat yang mengetahui kesimpulan Badan Intelijen Amerika Serikat CIA). CIA menyimpulkan bahwa Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) yaitu dalang atau otak pembunuhan kolumnis Jamal Khashoggi di Istanbul.

Ketika dikonfirmasi wartawan, Trump menyampaikan bahwa kesimpulan tersebut terlalu prematur.

Wakil Presiden AS Mike Pence, ketika kunjungan ke Papua Nugini, menyampaikan kepada wartawan bahwa beliau tidak mampu berkomentar perihal informasi belakang layar tersebut.

“Pembunuhan Jamal Khashoggi yaitu kekejaman. Itu juga merupakan penghinaan terhadap pers yang bebas dan independen dan Amerika Serikat bertekad untuk menahan semua orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu,” katanya.

Khashoggi, seorang kolumnis yang berkontribusi untuk Washington Post, tewas di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober ketika pergi untuk mengambil dokumen yang beliau butuhkan untuk ijab kabul mendatang. Dia dikenal sebagai orang yang sangat kritis terhadap Pemerintahan Arab Saudi.

Arab Saudi awalnya menolak pejabatnya berada di balik pembunuhan itu, tetapi alasannya yaitu pihak berwenang Turki terus membocorkan bukti keterlibatan tingkat tinggi, Riyadh kesudahannya mengakui biro intelijennya melaksanakan pembunuhan dengan serangkaian klarifikasi yang kontradiktif.

Pihak berwenang di Arab Saudi menyatakan akan menjatuhkan sanksi terhadap 21 tertuduh yang terlibat pembunuhan kolumnis Jamal Khashoggi, sebanyak 11 orang sudah menjadi terdakwa di mana lima orang terdakwa akan dihukum mati. Kejaksaan tidak mengumumkan nama-nama terdakwa.

BACA JUGA:  Pesawat Lion Air Sempat Minta Return to Base

Pernyataan Saudi, Kamis (15/11) kembali menegaskan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, juga dikenal sebagai MBS, sama sekali tidak terlibat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here