Setelah 51 Jam, Carlsen Pertahankan Mahkota Juara Dunia Catur

0
260
Setelah 51 Jam, Carlsen Pertahankan Mahkota Juara Dunia Catur
Setelah 51 Jam, Carlsen Pertahankan Mahkota Juara Dunia Catur

LEBIH CEPAT – Selama 20 hari terakhir, dua grandmaster terhebat di dunia duduk berhadapan di ruang kedap bunyi di London, dipisahkan hanya oleh papan catur. Namun akhirnya, sesudah 773 langkah dan total 51 jam permainan yang menguras syaraf dan kebanyakan berakhir imbang, juara dunia asal Norwegia Magnus Carlsen mampu mempertahankan mahkotanya dari penantang Amerika, Fabiano Caruana.

Carlsen yaitu pecatur nomor satu dunia dalam delapan tahun terakhir dan menjadi juara dunia semenjak 2013. Namun, tidak sedikit yang menerka beliau akan terpeleset dalam final kali ini, yang diwarnai hasil remis 12 kali beruntun untuk memecahkan rekor baru.

Hasil imbang di semua pertandingan itu akibatnya memaksa dilakukannya tie-break, yaitu catur cepat sebanyak empat kali di mana masing-masing memberi waktu tiap pemain hanya 25 menit.

Dalam format catur cepat yang digelar Rabu (28/11) malam waktu London atau Kamis dini hari WIB inilah Carlsen memberikan kelasnya, membabat lawannya dengan skor 3-0 untuk memastikan titel juara dunia yang keempat secara beruntun.

Pada pertandingan-pertandingan normal dalam duel yang digelar semenjak 9 November itu, mereka selalu bermain imbang sampai 12 kali, yang merupakan rekor gres dalam 132 tahun sejarah turnamen ini.

Berbagai media Amerika meliput pribadi tabrak tersebut, alasannya yaitu terakhir dan satu-satunya juara dunia yang dimiliki Amerika terjadi pada 1972 lewat Bobby Fischer. Sayangnya impian untuk menerima juara dunia gres itu tidak terpenuhi alasannya yaitu Carlsen pribadi menyapu higienis tiga pertandingan pertama untuk memastikan gelar dan menyabet hadiah tunai € 550.000 (Rp 9,1 miliar).

Caruana sebagai runner-up mampu membawa pulang €450.000 (Rp 7,4 miliar).

Dua pemain itu duduk di dalam ruang beling satu arah sehingga mereka tidak mampu melihat ratusan orang yang menonton langsung.

BACA JUGA:  Jokowi: 9 Juta Orang Termakan Hoax

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here