Macron Menyerah, Gaji Buruh Naik Rp 1,7 juta

0
62
Macron Menyerah, Gaji Buruh Naik Rp 1,7 Juta
Macron Menyerah, Gaji Buruh Naik Rp 1,7 Juta

LEBIH CEPAT – Presiden Prancis Emmanuel Macron jadinya mengalah pada tekanan di jalanan dan mengumumkan serangkaian kebijakan untuk bisa melunakkan perilaku para demonstran, sehabis terjadinya agresi protes selama beberapa pekan terakhir.

Dalam pidato yang disiarkan pribadi televisi pada jam tayang utama Senin (10/12) malam waktu setempat, Macron berjanji meningkatkan upah minimum dan menerapkan konsesi pajak.

Dia juga menyampaikan telah mendengar dan memahami kemarahan para demonstran, sembari mengakui bahwa beliau tidak bisa menunjukkan solusi yang cukup cepat semenjak terpilih presiden.

“Saya mungkin telah membuat kesan bagi Anda bahwa ini tidak menjadi perhatian saya, bahwa saya mempunyai prioritas-prioritas lain. Saya bertanggung jawab. Saya tahu telah melukai sebagian dari Anda dengan kata-kata saya,” ujarnya.

Dalam pidato 13 menit yang telah direkam sebelumnya itu, beliau memulai dengan menyampaikan bahwa selama beberapa pekan terakhir agresi demonstrasi telah menjadikan problem besar bagi negara, dan tuntutan yang disampaikan berujung pada serangkaian tindak kekerasan yang tidak bisa diterima.

Meskipun agresi protes dan kemarahan demonstran itu sah dalam negara yang demokratis, beliau mengatakan: “Tidak ada kemarahan yang bisa membenarkan serangan terhadap seorang polisi, atau aparat, atau merusak toko dan bangunan publik. Ketika kekerasan meletus, kebebasan berakhir.”

Macron, yang gres menjabat selama 1,5 tahun, menyampaikan beliau paham pada kemarahan mereka yang kesulitan memenuhi kebutuhannya setiap bulan dan merasa diabaikan.

“Seolah-olah mereka ini telah dilupakan dan disingkirkan. Ini merupakan (akumulasi) kesulitan selama 40 tahun yang meletup ke permukaan. Berawal dari dulu sekali, tetapi hadir kini ini,” ujarnya.

Upah Minimum Naik
Untuk membantu para buruh, pemerintah akan menerapkan langkah-langkah faktual mulai 1 Januari 2019, termasuk meningkatkan upah minimum sebesar € 100 (Rp 1,7 juta) per bulan, ujarnya.

BACA JUGA:  Mitsubishi Fuso Kuasai Segmen Kendaraan Komersial

Kerja lembur akan dibebaskan dari pajak dan pungutan sosial, dan planning pajak pensiun di bawah € 2.000 (Rp 33 juta) per bulan akan dibatalkan. Semua perusahaan yang bisa akan diminta untuk menunjukkan bonus simpulan tahun yang bebas pajak.

Namun, reformasi di bidang pajak kekayaan akan tetap dijalankan.

“Kita sedang melewati momen bersejarah negeri kita, dengan dialog, perilaku hormat, dan interaksi, kita akan sukses. Satu-satunya perhatian saya ialah pada Anda semua, satu-satunya pertempuran yang saya tempuh ialah untuk Anda, dan satu-staunya pertempuran kita ialah demi Prancis.”

Aksi protes telah melanda seluruh wilayah Prancis selama empat pekan, khususnya di Paris di mana para demonstran ditunggangi oleh kelompok yang melaksanakan penjarahan dan perusakan di ibu kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here