Panglima TNI: Paspamres Harus Tunjukkan Standar Kemampuan Agar Disegani

0
167
Panglima TNI Paspamres Harus Tunjukkan Standar Kemampuan Agar Disegani
Panglima TNI Paspamres Harus Tunjukkan Standar Kemampuan Agar Disegani

LEBIH CEPAT – Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Tentara Nasional Indonesia Hadi Tjahjanto memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres) dari Mayjen Tentara Nasional Indonesia (Mar) Suhartono kepada Brigjen Tentara Nasional Indonesia Maruli Simanjuntak, di Lapangan Mako Paspampres Jalan Tanah Abang II No 6 Jakarta Pusat, Rabu (19/12).

Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Tentara Nasional Indonesia Hadi Tjahjanto dalam amanatnya memberikan bahwa Sertijab menandai regenerasi kepemimpinan, yang tidak hanya merupakan bab dari training organisasi tetapi juga training personel.

“Diharapkan dengan training tersebut, kualitas dan kapasitas personel serta satuan semakin meningkat. Kita harus menyadari bahwa peningkatan tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka melakukan tugas, terutama menghadapi spektrum bahaya yang semakin kompleks,” kata Panglima.

Menurut Panglima TNI, peran pokok Paspampres merupakan peran yang sangat menantang, yaitu melakukan pengamanan secara fisik langsung, jarak bersahabat dan setiap dikala kepada Presiden RI, Wapres RI dan mantan Presiden serta Wapres RI beserta keluarganya.

“Demikian pula harus menawarkan pertolongan kepada Tamu Negara setingkat Kepala Negara, atau Kepala Pemerintahan beserta keluarganya, obyek VVIP, serta tugas-tugas protokoler khusus kenegaraan,” ucap Panglima TNI.

Selanjutnya, Panglima Tentara Nasional Indonesia menegaskan, tantangan peran sebagai Pasukan Pengamanan Presiden selain menjamin keamanan VVIP secara profesional, juga harus memperlihatkan standar kemampuan, sehingga sanggup membangun profil Paspampres yang disegani.

“Kemampuan ini memperlihatkan profesionalitas dan keberhasilan dalam setiap pengamanan VVIP, dengan sendirinya mencerminkan kewibawaan negara di mata dunia,” ungkapnya.

Marsekal Tentara Nasional Indonesia Hadi Tjahjanto juga mengingatkan, setiap langkah dan tindakan yang diambil mempunyai nilai-nilai multidimensional. Paspampres ialah perisai sekaligus etalase simbol negara dan simbol pemerintahan.

BACA JUGA:  Ini Harga Resmi Nissan Terra di Indonesia

“Di balik kesiapsiagaan dan kewaspadaan setiap dikala saudara-saudara dituntut untuk menampilkan tata krama, sopan santun, ramah, sekaligus tegas dan tidak ragu-ragu bertindak bila diperlukan,” tegasnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut, antara lain Kasal Laksamana Tentara Nasional Indonesia Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal Tentara Nasional Indonesia Yuyu Sutisna, Wakasad Letjen Tentara Nasional Indonesia Tatang Sulaiman dan Kadivpropam Polisi Republik Indonesia Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here