Jokowi Resmikan Empat Ruas Tol di Jatim

0
237
Presiden Joko Widodo (kiri) Didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) Dan Seskab Pramono Anung (kanan) Meninjau Ruas Jalan Trans Jawa Di Interchange Bandar Kilometer 671, Jombang, Jawa Timur,
Presiden Joko Widodo (kiri) Didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) Dan Seskab Pramono Anung (kanan) Meninjau Ruas Jalan Trans Jawa Di Interchange Bandar Kilometer 671, Jombang, Jawa Timur,

LEBIH CEPAT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani empat prasasti area tol wilayah Jawa Timur (Jatim), Kamis (20/12). Keempat area itu mencakup Ngawi – Kertosono (Segmen Wilangan – kertosono sepanjang 37,9 km), Jombang – Mojokerto (Seksi Bandar – Kertosono 0,9 km), relokasi Jalan Tol Porong – Gempol 6,3 km, Jalan Tol Gempol – Pasuruan (Seksi Pasuruan – Grati 13,65 km).

“Pagi hari ini, kita resmikan empat ruas jalan tol sepanjang 59 km. Nantinya di Jawa Tengah (juga) diresmikan. Artinya Jakarta-Surabaya sudah tersambung dan mampu dilalui kendaraan hari ini,” kata Presiden ketika peresmian.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur ini akan bermanfaat dan memudahkan masyarakat. “Lebih murah, cepat, dan masyarakat mempunyai alternatif. Silakan jikalau mau pakai jalan tol, mau jalan lama. Saya kira alternatif pilihan perlu diberikan ke masyarakat,” ungkapnya.

Kepada wartawan, Presiden menjelaskan, ruas tol yang dibangun berefek positif terhadap industri. “Sekarang industri di Kabupaten Ngawi sudah banyak investasi yang menuju ke sana. Kalau ada investasi artinya membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Artinya supply lebih mudah, supply materi baku untuk UMKM, industri kecil jadi lebih cepat dan lebih murah dan lebih mudah. Kecepatan dalam berproduksi jadi lebih baik,” ujarnya.

Pada bab lain, Presiden menyatakan, UMKM akan ditaruh dalam tempat istirahat atau rest area. “Konsep semenjak awal semenjak dibangunnya jalan tol ini, saya sudah sampaikan ke menteri BUMN, ke menteri PU arahnya yakni rest area dipakai untuk usaha-usaha mikro kecil serta menengah yang itu merupakan unggulannya kabupaten atau unggulanya daerah,” jelasnya.

BACA JUGA:  Negara ASEAN Ingin Makara Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here