Jalur Puncak Diperkirakan Masih Padat sampai Pekan Depan

0
118
Jalur Puncak Diperkirakan Masih Padat Hingga Pekan Depan
Jalur Puncak Diperkirakan Masih Padat Hingga Pekan Depan

LEBIH CEPAT – Satu hari sehabis Natal, arus kemudian lintas Jalur Puncak masih terpantau padat. Hal ini akan berlangsung sampai pekan depan. Rata-rata kendaraan mencapai 50.000 per hari.

Kawasan wisata jalur puncak masih menjadi destinasi favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru. Pun hari ini sebagian masyarakat sudah beraktivitas bekerja, namun pantauan kemudian lintas arah Puncak dari arah tol Jagorawi masih terpantau padat.

Kasat Lantas Polres Bogor, Ajun Komisaris Hasby Ristama menuturkan, jalur Puncak masih padat diprediksi masih akan padat sampai pekan depan atau habisnya masa liburan sekolah pada Sabtu 5 Januari 2019.

Kepadatan kemudian lintas di Jalur Puncak sudah terjadi semenjak Jumat (21/12). Berdasarkan data Gerbang Tol Ciawi, lanjut Hasby, rata-rata jumlah kendaraan yang keluar (exit) Tol Jagorawi mengarah ke Puncak dalam lima hari terakhir 50.000 kendaraan per harinya.

“Volume kendaraan terus meningkat dan diprediksi kepadatan kemudian lintas di Jalur Puncak berlangsung sampai pekan depan,” katanya, Rabu (26/12).

Dengan meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju puncak sehingga terjadinya kepadatan menjelang Gerbang Tol Ciawi. Untuk mengurangi kepadatan tersebut satuan kemudian lintas Polres Bogor memberlakukan rekayasa sistem satu arah.

“Sistem satu arah, biasanya pagi hari kami prioritaskan untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak dan sore hari kendaraan turun atau arus kemudian lintas dari arah Puncak ke Bogor,” paparnya.

Beberapa simpul kepadatan di wilayah daerah jalur Bogor Puncak-Cianjur yang perlu diwaspdai di antaranya Simpang Pasirmuncang, Simpang Pasirangin, Simpang Megamendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warungkaleng.

“Diharapkan kendaraan yang terjebak dalam antrean tetap bersabar dan tidak melambungkan kendaraan sebab mampu memperparah kemacetan arus kemudian lintas,” katanya.

BACA JUGA:  KMP Komodo Dorong Pengembangan Wisata Manggarai Barat

Polres Bogor menggelar personil di sepanjang jalur Bogor Puncak Cianjur dan jalur Bogor Ciawi Sukabumi sebanyak 200 personil campuran dari satuan kemudian lintas Polres Bogor, satuan Sabhara Polres Bogor dan campuran Polsek Ciawi, Megamendung dan Cisarua.

Imbauan kepada masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur untuk memakai jalur alternatif melalui jalur Jonggol, Cileungsi, dan Cibubur dengan jarak 86 kilometer. Bagi masyarakat biar mematuhi hukum kemudian lintas dan melihat perkembangan arus kemudian lintas melalui sosial media @TMCPolresBogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here