Transjakarta Gratiskan Armada ke Tempat Wisata

0
243
Transjakarta Gratiskan Armada Ke Tempat Wisata
Transjakarta Gratiskan Armada Ke Tempat Wisata

LEBIH CEPAT – Bagi warga yang ingin menghabiskan liburan ke tempat-tempat wisata favorit di Jakarta, lebih baik tidak memakai kendaraan pribadi. Disarankan warga Jakarta memakai transportasi publik yang disediakan Pemprov DKI.

Selain menghindari kemacetan kemudian lintas, juga mampu lebih cepat hingga ke tempat-tempat wisata tersebut.

Jangan khawatir, sejumlah layanan ke daerah wisata Jakarta telah disediakan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk memfasilitasi kegiatan masyarakat pada momen liburan selesai tahun.

Salah satunya, layanan Transjakarta ke Ragunan disediakan bagi warga dan tidak dipungut bayaran alias gratis.

Rute Pulogadung-Ragunan (4H) dan Puri Beta-Ragunan (13D) beroperasi setiap hari mulai 26 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 mendatang. Sebelumnya kedua layanan ini hanya tersedia di selesai pekan atau hari libur saja.

Direktur Utama Transjakarta, Agung Wicaksono menyampaikan pengoperasian kedua layanan, ini akan memudahkan saluran masyarakat menuju Ragunan. “Sehingga mereka lebih menentukan memakai Transjakarta untuk menuju titik wisata dibandingkan memakai kendaraan langsung baik kendaraan beroda empat maupun motor yang akan menjadikan kemacetan,” kata Agung, Kamis (27/12).

Selain rute Pulogadung-Ragunan (4H) dan Puri Beta-Ragunan (13D), Transjakarta juga menyediakan layanan bus keliling (shuttle bus) dari Sekolah Menengah kejuruan 57, Kementerian Pertanian, menuju Ragunan atau sebaliknya.

Layanan ini sudah mulai beroperasi semenjak 24 Desember 2018 lalu. Hadirnya rute ini yang dioperasikan dengan bus Metrotrans mampu mengurai kepadatan kemudian lintas di titik wisata tersebut.

“Layanan ini gratis. Makara masyarakat yang memakai kendaraan langsung mampu memarkirkan kendaraannya di kantong-kantong parkir yang sudah disediakan kemudian menuju Ragunan dengan bus keliling Transjakarta,” ujarnya.

Tidak hanya itu, tambahnya, pihaknya akan menambah jumlah bus yang beroperasi di koridor 1 (Blok M-Kota),5 (Ancol-Kampung Melayu), dan 7 (Kampung Rambutan-Ancol) pada momen liburan selesai tahun. Rencana ini untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pelanggan Transjakarta.

BACA JUGA:  Hingga 2021, Teluk “The Beach” Thailand Akan Ditutup

“Penambahan armada juga sudah dilakukan semenjak 24 Desember. Layanan ini memfasilitasi masyarakat mampu berangkat ke tujuan ataupun kembali ke kediaman masing-masing dengan moda transportasi umum yang aman, layak, dan nyaman,” tuturnya.

Adapun bagi masyarakat yang ingin berkeliling kota Jakarta mampu memanfaatkan layanan bus tingkat secara cuma-cuma.
Terdapat tujuh layanan, antara lain

1. History of Jakarta (BW1) dengan rute Juanda-Monas-Balai Kota-Museum Nasional, Gedung Arsip-Museum Bank Indonesia-BNI 46-Pasar Baru-Juanda

2. Jakarta Modern (BW2) mulai dari Juanda-Monas-Balai Kota- Sarinah–Plaza Indonesia-Sarinah-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.

3. Art and Culinary (BW3) mempunyai rute Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Harmoni-Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia-BNI 46-Sawah Besar-Pecenongan-Juanda-Monas-Balai Kota.

4. Jakarta Skyscrapers (BW4) dengan layanan Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Karet Sudirman-Bundaran Senayan-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Plaza Indonesia-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.

5. RPTRA Kalijodo (BW5) dari Balai Kota-Sarinah-Tosari, RPTRA Kalijodo-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah-Balaikota.

6. Makam Mbah Priok (BW6) melayani Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Makam Mbah Priok.

7. Jakarta Shopping (BW7) dengan layanan dari Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Gelora Bung Karno-Plaza Senayan-Senayan City-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Tosari-Grand Indonesia-Sarinah-Balai Kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here