Raja Lautan Aquaman Menguasai Box Office

0
181
Raja Lautan Aquaman Menguasai Box Office
Raja Lautan Aquaman Menguasai Box Office

LEBIH CEPAT – Akhir tahun yaitu waktu yang sempurna bagi para sineas meraup laba melalui film yang dihadirkan. Kali ini, film garapan sutradara tersohor James Wan, Aquaman menjadi juaranya. Dalam enam hari penayangan, film raja lautan ini berhasil menguasai box office dengan perolehan US$ 72,7 juta (Rp 1,2 triliun) di 4.125 layar daerah Amerika Utara.

Peran Aquaman di pasar internasional pun ternyata sangat agresif. Bagaimana tidak? Film ini berhasil mencapai perolehan kotor senilai US$ 415,5 juta (Rp 6 triliun). Dari perolehan tersebut, tentu pasar Tiongkok menempati urutan tertinggi, dengan menyumbangkan US$ 232,8 juta (Rp 3,4 triliun).

Bahkan dilansir dari cuitan akun @bicaraboxoffice, Aquaman mendapat tiket emas untuk memperpanjang waktu penayangan di Tiongkok. Normalnya, film import hanya boleh tayang 30 hari, artinya Aquaman harus turun layar pada 6 Januari 2019. Namun, ternyata film ini mendapat bonus sampai 6 Februari.

Dengan kondisi tersebut, diperkirakan laba film yang memakan biaya produksi senilai US$ 200 juta (Rp 2,9 triliun) ini pun diperkirakan akan terus bertambah di daerah domestik, maupun internasional.

Film itu merupakan film petualangan DC yang bangun sendiri semenjak film Wonder Woman dirilis. Wonder Woman menghasilkan pemasukan US$ 103 juta ketika kali pertama dirilis pada 2017.

Aquaman merupakan cerita seorang Arthur Curry (Jason Momoa). Seiring berjalannya waktu, Arthur Curry pun menemukan dirinya ternyata yaitu pewaris tahta kerajaan Atlantis yang legendaris. Oleh karena itu, Arthur pun melaksanakan apapun yang dibutuhkan untuk menyelamatkan Kerajaan Atlantis dan memimpin rakyatnya.

Menurut data terkini, sebanyak 55 persen penonton Aquaman di AS merupakan kaum pria, sementara 60 persen penonton berusia di bawah 35 tahun. Para penggemar film superhero lebih mampu mendapatkan film Aquaman dibandingkan dengan film-film sebelumnya DC dan film tersebut mendapat nilai ‘A’ dari Cinemascore.

Kisah dan pencapaian pendapatan Aquaman rupanya cukup untuk menghalangi langkah dua kompetitornya Mary Poppins Returns dan Bumblebee berkuasa di box office. Alhasil, di peringkat kedua box office Amerika Utara ditempati oleh Mary Poppins Returns.

Ditayangkan perdana pada Senin (24/12), Mary Poppins Returns berhasil mendapatkan US$ 6,4 juta (Rp 93,44 miliar) dari penayangan di 4.090 layar bioskop. Sementara sepanjang 6 hari penayangannya, film musikal yang menampilkan Emily Blunt itu telah mengumpulkan US$ 38,4 juta (Rp560 miliar).

BACA JUGA:  Wow...Ada Cendol dan Angklung di Konser Backstreet Boys

Film ini rupanya disutradatai oleh, Rob Marshall, yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Blunt dan Disney dalam film Into the Woods. Dirinya pun mempunyai harapan, film tamat tahunnya kali ini mampu sukses bahkan pendapatannya jauh melampaui anggaran produksi yang mencapai US$ 130 juta itu.

Kemudian, di dingklik nomor tiga rupanya terdapat film robot, Bumblebee. Tidak begitu memuaskan, dikala tayang perdana film ini hanya berhasil meraup US$ 3,7 juta (Rp54 miliar) dari penayangan di 3.550 layar bioskop. Sedangkan dikala empat hari penayangannya, film yang dibintangi Hailee Steinfeld itu telah menghasilkan US$ 25 juta (Rp365 miliar).

Meski angka ini termasuk yang terendah untuk awal pemutaran film-film Transformers, film fiksi ilmiah wacana cerita awal Transformers, yang disutradarai oleh Travis Knight, itu mendapatkan evaluasi terbaik dibandingkan dengan film-film lain Transformers. Dari situs Rotten Tomatoes, film ini berhasil mendapatkan angka 93 persen tomat segar, dengan evaluasi 7,1/10 yang diberikan oleh 165 kritikus.

Selain itu, Bumblebee merupakan film Transformers pertama yang tidak disutradarai oleh Michael Bay, meski ia tetap menjadi produser. Hailee Steinfeld dan John Cena membintangi film yang didukung oleh teknologi komputer grafis yang dikembangkan dari mainan populer, dengan anggaran US$ 100 juta. Rupanya, biaya produksi film itu terbilang termurah dibandingkan dengan biaya produksi film-film lain Michael Bay.

Berikut yaitu daftar pendapatan film box office ahad lalu:

1. Aquaman – US$ 83,6 juta

2. Mary Poppins Returns – US$ 38,4 juta

3. Bumblebee – US$ 25,3 juta

4. Holmes and Watson – US$ 6,4 juta

5. Spider-Man: Into The Spider-Verse – US$ 5,6 juta

6. The Mule – US$ 4,9 juta

7. Vice – US$ 4,7 juta

8. Second Act – US$ 3 juta

9. Dr. Seuss’ The Grinch (2018) – US$ 2 juta

10. Ralph Breaks the Internet – US$ 1,6 juta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here