Badan Geologi Terus Kaji Aktivitas Anak Krakatau

0
139
Badan Geologi Terus Kaji Aktivitas Anak Krakatau
Badan Geologi Terus Kaji Aktivitas Anak Krakatau

LEBIH  CEPAT – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus melaksanakan kajian terhadap acara gunung Anak Krakatau untuk mengetahui kemungkinan longsor kembali terjadi. Kajian dilakukan dengan pertimbangan beberapa hal.

“Kita sedang melaksanakan kajian serpihan mana yang kemungkinan mampu longsor dengan pertimbangan akal dan matematisnya” ujar Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Antonius Ratdomopurbo.

Antonius menyampaikan longsornya Anak Krakatau kemungkinan disebabkan oleh getaran gempa tektonik. Namun hal tersebut belum mampu dipastikan. Hingga sekarang kajian masih dilakukan untuk mengetahui longsornya Anak Krakatau yang menimbulkan tsunami melanda wilayah Banten dan Lampung Selatan.

“Prinsip dari longsor ialah ada barang yang lepas-lepas, lalu ada imbas air dan juga gerakan-gerakan dari gunungnya atau dari getaran gempa juga” tambah Antonius.

Sebelumnya Kamis (27/12), Badan Geologi menaikan status Anak Krakatau dari waspada menjadi siaga. Masyarakat diimbau waspada dan tidak beraktivitas di dalam radius lima kilometer dari puncak kawah Anak Krakatau.

BACA JUGA:  Mudik Lebaran, KAI Siapkan 957.282 Kursi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here