Penumpang Bus Padang-Jakarta Meningkat 70%

0
232
Petugas Bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) Menunggu Pemudik Di Samping Armadanya Di Terminal Ubung, Denpasar, Bali, Senin (14/7).
Petugas Bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) Menunggu Pemudik Di Samping Armadanya Di Terminal Ubung, Denpasar, Bali, Senin (14/7).

LEBIH CEPAT – Jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan rute Padang-Jakarta mengalami peningkatan sampai tujuh puluh persen dalam dua pekan terakhir.

“Kalau melihat dari data penumpang ada peningkatan dari Januari 2019, dengan peningkatan sampai tujuh persen dibandingkan sebelumnya,” kata Kepala Staf perusahaan bus PT Naikilah Perusahaan Minang (NPM) Perwakilan Padang, Heru Wanda, di Padang, Kamis (17/1).

Naiknya harga tiket pesawat dan kebijakan bagasi berbayar ditengarai menjadi salah satu faktor peningkatan penumpang.

Ia menyampaikan dengan meningkatkan jumlah penumpang tersebut pihak perusahaan menambah keberangkatan bus.

Sebelumnya dalam sehari pihak NPM memberangkatkan dari Sumbar setidaknya tiga atau empat unit bus, dengan rincian dua bus AC, dan dua bus ekonomi.

Sedangkan ketika ini dalam sehari pihaknya memberangkatkan sampai tujuh unit dari kelas AC, dan ekonomi.

Satu unit bus mempunyai kapasitas penumpang sebanyak 41 orang.

Meski terjadi peningkatan jumlah penumpang pihak perusahaan bus yang beroperasi semenjak 1937 itu belum mengubah harga tiket.

Untuk bus AC rute Padang ke Jakarta tiket dijual sebesar Rp 400.000 per orang, sementara harga tiket bus ekonomi sebesar Rp 300.000 per orang.

Begitupun rute dari Padang-Medan harga tiket sebesar Rp 230.000, dan Padang-Jambi sebesar Rp 170.000, tanpa ada kenaikan. Ia menyampaikan kondisi kini yakni momen perusahaan bus untuk menggairahkan kembali moda transportasi darat.

Salah seorang mahasiswa Evan ketika ditemui di Pool NPM Padang, menyampaikan sengaja membeli tiket bus alasannya yakni mahalnya harga tiket pesawat.

Untuk memudahkan penumpang pihak NPM telah memberlakukan pemesanan tiket secara dalam jaringan (daring) lewat aplikasi Redbus dan Bukalapak, selain mendatangi loket NPM di Jalan Juanda Padang. Pada bab lain, perusahaan bus berharap pemerintah mampu memutuskan harga pesawat yang tidak terlalu erat dengan harga tiket bus.

BACA JUGA:  Tiket Olimpiade 2020 Diperebutkan di Turnamen Ciputra Golfpreneur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here