Ini Cara Menggunakan Live Composite di Kamera Olympus

0
29
Ini Cara Menggunakan Live Composite Di Kamera Olympus
Ini Cara Menggunakan Live Composite Di Kamera Olympus

LEBIH CEPAT – Teknologi digital memungkinkan pengguna untuk menciptakan hasil karya fotografi yang berkualitas dengan lebih mudah. Salah satu teknik yang digemari ialah menciptakan long exposure atau ekposur panjang alasannya menyajikan hasil foto yang menakjubkan.

Olympus mempermudah pengguna untuk menciptakan foto long exposure melalui fitur Live Composite. Kehadiran fitur ini, bertujuan untuk menghasilkan gambar eksposur panjang secara gampang tanpa harus khawatir paparan sinar berlebih (over exposure).

Marketing & Sales Manager Olympus Customer Care Indonesia (OCCI), Sandy Chandra, mengatakan, fitur Live Composite hanya ada di kamera Olympus. Fitur ini sangat memudahkan pengguna dalam pembuatan foto long exposure dengan singkat dan praktis. Proses pergerakan cahaya juga mampu terlihat secara live pada LCD.

“Pengguna mampu menciptakan banyak sekali foto long exposure tanpa menciptakan gambar menjadi semakin terperinci mirip yang terjadi pada ketika memakai fitur bulb atau live bulb. Eksposur dasar pada fitur ini mampu di kontrol sesuai keinginan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memotret fire works, lightning, star trail, light trail, dan foto-foto long exposure menakjubkan lainnya dengan mudah,” ungkap Sandy, dalam keterangan persnya, di Jakarta, Jumat (18/1).

Cara untuk mengaktifkan fitur tersebut pada kamera Olympus ialah dengan memakai mode M, kemudian putar tombol dial control shutter, kemudian pilih Live Composite, terletak di shutter speed paling rendah. Selanjutnya, klik ‘Menu’ untuk memilih interval waktu shoot, ada 2sec-60sec, kemudian klik ‘OK’. Lantas, tekan tombol shutter, untuk memilih eksposur kompensasi dasar atau awal.

Kemudian, tekan kembali tombol shutter untuk memulai proses Live Composite. Selanjutnya, proses ini mampu dilihat secara langsung. Pengguna mampu memilih waktu yang diinginkan. Bila sudah cukup untuk melakukannya, tekan tombol shutter sekali lagi, untuk mengakhiri.

BACA JUGA:  10 Tagar Paling Banyak Digunakan di Twitter Sepanjang 2018

Sedangkan pada kamera E-PL9 dan E-M10 Mark III, selain mampu mengaktifkannya pada hidangan M, terdapat pula hidangan AP (Advance Photo) yang mampu dipakai secara praktis. Kemudian lakukan langkah ini, pindahkan dial ke Mode AP, tekan tombol short cut, pilih Live Composite, kemudian tekan tombol shutter cukup sekali, hingga batas waktu yang diinginkan. Tekan tombol shutter sekali lagi untuk mengakhiri.

“Fitur ini mampu dilakukan selama 3 jam hingga 4 jam, tergantung kondisi baterai,” kata Sandy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here