Tips Berkendara Hemat Bensin ala Mitsubishi

0
73
Tips Berkendara Hemat Bensin Ala Mitsubishi
Tips Berkendara Hemat Bensin Ala Mitsubishi

LEBIH CEPAT – Gaya mengemudi ternyata menjadi salah satu faktor penentu efisiensi materi bakar mobil, selain kondisi eksternal, mirip kondisi kemudian lintas, kapasitas mesin, transmisi, bobot kendaraan, dan tekanan ban.

Head of Technical Service & CS Support Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menunjukkan sejumlah tips mengemudi yang ekonomis materi bakar minyak (BBM). Adapun kendaraan beroda empat yang dijadikan teladan yakni Xpander, kendaraan multiguna bawah (low multipurpose vehicle/LMPV) andalan Mitsubishi. Tips pertama, kata dia, yakni menjaga putaran mesin. Umumnya, torsi paling efisien mesin berada pada rentang putaran mesin 2.000-3.000 rpm. “Lakukan perpindahan gigi pada rentang putaran mesin itu,” kata ia di Jakarta, Kamis (17/1).

Kedua, kata dia, mengemudilah dengan cerdas. Jangan biasakan mengemudi dengan agresif. Lebih bijak dalam menginjak pedal gas mampu menghemat materi bakar. “Saat di jalan tol, usahakan melaju konstan di kecepatan 60-70 km per jam. Ini yakni kecepatan ideal untuk efisiensi materi bakar. Jika Anda melaju di kecepatan 100 km per jam, akan menggunakan materi bakar sekitar 15% lebih banyak ketimbang 80 km per jam,” kata dia.

Ketiga, ia menyatakan, hindari akselerasi dan pengereman mendadak. Sebab, berakselerasi atau melaju dengan konstan menciptakan suplai materi bakar juga konstan, sedangkan mengerem secara berlebihan memaksa Anda untuk menekan gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan semula.

Keempat, ia menyarankan, menggunakan BBM dengan oktan sesuai spesifikasi mesin. Sebab, performa mesin maupun konsumsi BBM akan membaik ketika menggunakan BBM sesuai rekomendasi pabrikan. Selanjutnya, ia menuturkan, atur AC biar tidak terlalu dingin, di suhu 24-27 derajat celcius, kemudian jaga tekanan ban. Pastikan ban terpompa sesuai tekanan yang direkomendasikan. Terakhir, rencanakan rute perjalanan dengan baik biar terhindar dari macet.

BACA JUGA:  Traveloka Buka Pusat R&D di India

“Menghemat penggunaan materi bakar Mitsubishi Xpander yang bermesin 1.500 cc mampu dilakukan dengan menjaga putaran mesin, melaju konstan, dan tentunya dengan menggunakan materi bakar sesuai nilai oktan yang disarankan pada manual book, yaitu minimal RON 90,” papar dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here