Melawan Berita Palsu dengan Machine Learning dan AI

0
66
Warga Yang Tergabung Dalam Masyarakat Anti Fitnah Indonesia Menunjukkan Aplikasi Hoax Buster Tools Saat Kampanye Anti Hoax Pada Car Free Day Di Jalan Darmo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (11/2).
Warga Yang Tergabung Dalam Masyarakat Anti Fitnah Indonesia Menunjukkan Aplikasi Hoax Buster Tools Saat Kampanye Anti Hoax Pada Car Free Day Di Jalan Darmo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (11/2).

LEBIH CEPAT – Suka atau tidak suka, ketika ini isu palsu atau hoax sudah banyak beredar di tengah masyarakat. Bahkan, data yang didapat dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) menyatakan, sekitar 800.000 konten terkait isu palsu tersebar di Indonesia setiap tahun. Sirkulasi isu palsu menyebar semakin cepat terjadi di masyarakat Indonesia, berkat maraknya media umum (Medsos).

Berdasarkan data NextWeb, Indonesia menempati peringkat ketiga di seluruh dunia dengan pengguna Facebook terbanyak (120 juta) dan peringkat keempat secara global dalam hal pengguna Instagram terbanyak (56 juta).

Melalui data tersebut, jangan heran jikalau medsos bermetamorfosis media gres di Indonesia, dan bertambah rumit dengan adanya konsep netizen yang jarang mengklarifikasi konten yang mereka baca di medsos.

Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan oleh DailySocial, dari 2.032 responden yang disurvei, 44,19 persen tidak mampu mendeteksi konten yang merupakan isu palsu yang beredar di banyak sekali platform medsos.

Mirisnya, menjelang pemilihan umum (Pemilu) pada bulan April 2019, ada banyak isu palsu yang beredar untuk menjatuhkan lawan politik masing-masing kandidat.

Untuk alasan ini, Kemkominfo telah secara aktif memblokir peredaran isu palsu, dengan berkolaborasi dengan platform digital, mirip Google, Facebook, Twitter, atau Youtube untuk menghentikan iklan dari portal yang berbagi pencemaran nama baik.

Memiliki visi yang sama dengan pemerintah, banyak media di Indonesia dan agregator konten baiklah untuk mencegah dan menghapus isu palsu yang beredar melalui platform mereka, untuk menyambut pemilu secara damai.

BACA JUGA:  Timnas Senior Bertekad Taklukkan Myanmar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here