Pelanggaran Kampanye, Mandala Shoji Akan Dicoret dari DCT

0
6
Pelanggaran Kampanye, Mandala Shoji Akan Dicoret Dari DCT
Pelanggaran Kampanye, Mandala Shoji Akan Dicoret Dari DCT

LEBIH CEPAT – Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos menyampaikan bahwa masalah yang menjerat caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Mandala Shoji ialah pelanggaran tindak pidana kampanye pemilu.

“Bawaslu DKI Jakarta menyatakan bahwa sudah keluar putusan inkrah dari Pengadilan Tinggi. Inkrah yang menyatakan (Mandala) bersalah melaksanakan pelanggaran tindak pidana pemilu,” kata Betty, Rabu (13/2).

Pernyataan itu sekaligus menjadi bantahan terhadap pernyataan kuasa aturan Mandala, Elza Syarief yang menyebut masalah pelanggaran aturan kampanye pemilu yang menjerat kliennya bukan tindak pidana.

Menurut undang-undang, Mandala akan dicoret dari DCT alasannya ialah terbukti melaksanakan pelanggaran kampanye dengan membagikan kupon umrah.

“Kalau berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 wacana Pemilu pasal 280, 284 dan 285, abolisi dilakukan dengan cara mencoret dari DCT,” katanya Bety juga menyampaikan bahwa KPUD akan melimpahkan berkas Mendala kepada KPU RI alasannya ialah Mandala calon anggota dewan perwakilan rakyat RI sehingga surat keputusan akan dikeluarkan oleh KPU RI.

“Menurut KPU RI, Mandala ini ‘kan calon anggota dewan perwakilan rakyat RI, yang memutuskan calon anggota dewan perwakilan rakyat RI ialah KPU RI, jika masalah Mandala kami sudah teruskan surat dari Bawaslu DKI, agar nanti pimpinan kami di KPU RI yang menindaklanjuti alasannya ialah SK-nya keluar dari KPU,” kata Betty.

Sedangkan mengenai somasi aturan yang akan dilayangkan oleh pengacara Mandala Shoji, Betty menyerahkan hal itu sepenuhnya kepada KPU RI.

BACA JUGA:  Rupiah Siang Ini di Zona Merah Berbarengan Mata Uang Asia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here