Pengamat: Hukuman Seumur Hidup untuk Pelaku Kampanye Hitam

0
193
Pengamat Hukuman Seumur Hidup Untuk Pelaku Kampanye Hitam
Pengamat Hukuman Seumur Hidup Untuk Pelaku Kampanye Hitam

LEBIH CEPAT – Pengamat Komunikasi Politik Silvanus Alvin mengemukakan kampanye hitam harus dilawan dengan meningkatkan literasi politik. Literasi politik harus menyeluruh, mulai dari pendidikan di sekolah sampai di perkuliahan. Literasi juga perlu dikemas dengan gaya milenial.

“Misalnya menciptakan konten literasi politik dengan gaya meme atau infografis, kemudian diunggah di Instagram. Bisa pula dengan menciptakan video durasi pendek di antara tiga-lima menit menjelaskan perkembangan politik terkini yang berlawanan dengan kampanye hitam,” kata Alvin di Jakarta, Selasa (26/2).

‎Ia melihat‎ kampanye hitam sulit hilang sebab terlalu banyak yang dipertaruhkan dalam Pileg maupun Pilpres 2019. Terutama, yang dipertaruhkan yaitu dana politik yang dikeluarkan para calon.

“Semua pihak sama-sama keluar uang dalam jumlah besar. Tentu tidak ada yang mau kalah sehingga menghalalkan segala cara,” tuturnya.

Meski demikian, beliau berharap pelaku kampanye hitam dieksekusi dengan tegas biar ada imbas jera. Pelaku kampanye hitam juga harus diperlakukan mirip pengedar narkoba sebab memang mereka sama-sama merusak bangsa.

“Hukuman penjara seumur hidup harusnya mampu diterapkan. Pemerintah, KPU, Bawaslu dan dewan perwakilan rakyat pun harus berani untuk membahas hukuman tegas untuk pelaku kampanye hitam,” ujar Alvin yang juga pengajar pada Universitas Bunda Mulia (UBM) Jakarta.

Saat ditanya efektivitas kampanye hitam bagi elektabilitas, beliau melihat kurang efektif. Pasalnya, pilihan masyarakat terhadap kandidat pada umumnya sudah ada dalam hati masing-masing pemilih. Bahkan pilihan ini sudah ada jauh sebelum masa kampanye.

“Pilpres kali ini merupakan rematch Jokowi lawan Prabowo. Masyarakat sudah kenal kedua tokoh politisi ini dan sudah ada ikatan emosional dalam memilih. Makara pilihan sudah jauh sebelum kampanye dilakukan,” tutup Alvin.‎

BACA JUGA:  BIN: Penyerang Wiranto Masuk Jaringan JAD Bekasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here