Radin Inten II Disiapkan Sebagai Bandara Internasional

0
11
Radin Inten II Disiapkan Sebagai Bandara Internasional
Radin Inten II Disiapkan Sebagai Bandara Internasional

LEBIH CEPAT – Bandar Udara Radin Inten II Lampung yang telah berstatus Bandara Internasional menurut Surat Keputusan Menteri Perhubungan, segera dimantapkan ketersediaan akomodasi dan layanannya sehingga memenuhi kriteria operasional sebagai bandara internasional.

Melalui keterangan Humas Pemprov Lampung, di Bandarlampung, Minggu (10/3/2019), Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, dikala menanti kedatangan Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Lampung, Jumat (8/3/2019) lalu, sempat berbincang dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait status dan eksistensi Bandara Radin Inten II Lampung.

Kepada Gubernur, Menhub memberikan terkait status Bandara Internasional Raden Inten II akan lebih ditekankan dan dievaluasi secara menyeluruh semoga Bandara Internasional Raden Inten II tidak hanya status, melainkan seluruh fasilitas, kondisi dan keadaan bandara tersebut juga harus memenuhi kriteria bandara Internasional.

“Dalam satu ahad ke depan kita mantapkan lagi segala bentuk kesiapannya,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Terkait hal ini, Gubernur Ridho menuturkan dalam beberapa waktu ke depan Bandara Gatot Subroto yang berada di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung juga akan dibuka untuk penerbangan komersial yang rute pertamanya dibuka dengan penerbangan dari Bandara Internasional Raden Inten II Lampung Selatan.

“Jadi Pak Menteri, nanti bandara yang di Way Kanan akan kami buka juga yang direncanakan rute pertamanya akan dibuka penerbangan dari Bandara Internasional Raden Inten II ini,” ujar Ridho lagi.

Kehadiran Presiden Jokowi di Bandara Radin Inten II juga sekaligus meresmikan terminal gres dan meninjau kondisi Bandara Raden Inten II Provinsi Lampung sehabis ditetapkan menjadi Bandara Internasional menurut Surat Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor: KP 2044 Tahun 2018 tanggal 8 Desember 2018 lalu.

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Lampung, Jumat (8/3), selain meresmikan ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terpanjang di Indonesia, juga meresmikan Terminal Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak Sosoro, Banten dan Terminal Eksekutif Bakauheni Anjungan Agung, Lampung Selatan.

BACA JUGA:  Bandung Kunafe Dukung Program Pengelolaan Sampah Plastik

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi dikala ditemui di Gedung Sumpah Pemuda Way Halim Bandarlampung mengatakan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sangat berterima kasih, bersyukur, terhormat kepada Pak Presiden Jokowi berkenan untuk meresmikan terminal direktur ASDP.

“Ini meresmikan sesuatu yang sudah kita mulai, bahwasanya soft launching itu pada 19 Desember 2018, dan hari ini diresmikan oleh Pak Presiden,” ungkapnya lagi.

Ira Puspadewi menambahkan, dirinya berharap terminal direktur menjadi penghubung urat nadi transportasi Trans Jawa dengan Trans Sumatera.

“Harapan kami terminal direktur ini menjadi penghubung nadi Trans Jawa dan Trans Sumatera, dan masyarakat Indonesia akan tahu bahwa kita punya akomodasi gres yang bukan hanya kebanggaannya ASDP, tapi juga kebanggaannya Indonesia,” ungkapnya lagi.

Menurutnya, eksistensi terminal eksekutifi di pelabuhan penyeberangan itu, sangat mengubah dunia penyeberangan, dari biasanya belum diasosiasikan dengan sesuatu yang rapi, anggun banget, banyak konsumen itu malah datang, kemudian ketemu saya, mereka bilang wah bu bandaranya anggun banget nih, mereka lupa ini bukan bandara saking bagusnya pelabuhan penyeberangan yang gres ini di terminal direktur itu,” katanya lagi.

Bahkan Ira juga menyampaikan bahwa terminal direktur sudah sah diresmikan.

“Kalau kini sudah resmi, jikalau kemaren gres soff launching, jikalau kini sudah grand launching, sudah sah,” kata Ira sambil tersenyum senang bersama awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here