Ganjil Genap di Margonda Raya Seusai Pemilu

0
9
Ganjil Genap Di Margonda Raya Seusai Pemilu
Ganjil Genap Di Margonda Raya Seusai Pemilu

LEBIH CEPAT – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabdetabek (BPTJ) Bambang Prihartono memperkirakan, sistem pelat nomor kendaraan ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, akan dilakukan seusai Pemilu 2019. Penerapan ganjil genap hanya dilakukan pada final pekan saja atau Sabtu dan Minggu.

Bambang Prihartono menuturkan, penerapan ganjil genap hanya akan dilakukan di Jalan Margonda Raya saja. Pasalnya, ruas jalan tersebut ialah merupakan jalan yang menjadi kewenangan pemkot Depok.

“Kenapa seusai pemilu? Kami kaji dari banyak sekali aspek yakni sosial, ekonomi dan juga waktu. Tidak hanya sekadar dari sisi transportasi saja. Seusai pemilu ini diperkirakan waktunya tepat,” ujar Bambang Prihartono, Jumat (15/3/2019).

Dikatakan Bambang Prihartono, BPTJ hanya berupaya membantu kepentingan Pemkot Depok untuk mengatasi kemacetan di ruas jalan yang memang sangat padat, terutama pada final pekan, yakni hari Sabtu dan Minggu.

Kajian penerapan ganjil genap ketika final pekan, berdasarkan Bambang Prihartono, memang telah usang dilakukan oleh Pemkot Depok. Kini, BPTJ akan membahas lebih mendalam secara internal. BPTJ pada prinsipnya sangat mendorong pemerintah kawasan untuk melaksanakan rekayasa kemudian lintas. Ini merupakan bab dari menata kota kota penyangga Jakarta biar kemacetan di Jakarta juga tak bertambah parah.

“Untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, tentunya kota penyangganya juga harus ditata. Karena kinerjanya saling terkait. Tidak bangun sendiri sendiri. Kepala kawasan masing-masing juga harus mempunyai kebijakan yang sempurna untuk rekayasa kemudian lintas,” tutur Bambang Prihartono.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana menyampaikan belum melaksanakan pembahasan mendalam dengan BPTJ terkait penerapan ganjil genap seusai pemilu 2019. “Belum ada pembahasan ya. Nanti dikabari jika sudah ada pembahasan lebih lanjut,” singkat Dadang Wihana melalui aplikasi WhatsApp.

BACA JUGA:  Jumlah Penempatan PMI ke Korsel Meningkat Dua Kali Lipat

Jalan Margonda Raya mempunyai panjang 4,89 kilometer. Pada ruas ini terdapat banyak sentra perbelanjaan. Tercatat terdapat beberapa mal di antaranya Depok Town Square, Margocity, D’Mall, dan CiPlaz Plaza.

Margonda Raya sekarang juga dipadati apartemen di antaranya Margonda Residence 1-5, Taman Melati Apartemen, Park View Condominium, Evencio, Zamzam Tower, Saladdin Square, Atalanta Apartemen.

Sejumlah rumah makan dan titik perjuangan juga memadati ruas Jalan Margonda Raya, di antaranya gerai perjuangan milik para artis yakni Geprek Bensu, Gigi Eat Cake, Kueny Ayu, Dapur Bang Jali, Sang Pisang, Gerai Ayam Asix dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here