Diminta Turunkan Tarif, Ini Penjelasan Garuda

0
177
Sejumlah Pesawat Milik Maskapai Garuda Indonesia Terparkir Di Areal Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (23/6)
Sejumlah Pesawat Milik Maskapai Garuda Indonesia Terparkir Di Areal Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (23/6)

Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra menyebut telah melaksanakan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Selasa (26/3/2019) malam.

Dia menjelaskan, pertemuan tersebut hanya mendiskusikan perihal industri jasa penerbangan secara luas. Namun, ia mengaku, memang ada imbauan untuk menurunkan harga tiket.

“Namun semuanya diserahkan kepada korporasi alasannya yaitu memang itu ranah korporasi. Tidak ada sama sekali pemaksaan,” kata laki-laki yang dekat disapa Ari itu ketika dihubungi, Rabu (27/3/2019).

Dia menambahkan, selama ini Garuda selalu mematuhi hukum tarif batas atas dan tarif batas bawah dan tidak pernah sekalipun melanggar peraturan tersebut, yang sudah berlaku semenjak April 2016. Lebih jauh, aspirasi dari banyak sekali pihak khususnya perhotelan ditampung dengan baik oleh pihak Garuda Indonesia Group.

“Satu hal yang paling utama bagi kami yaitu safety bagi penumpang. Dengan regulasi yang ketat, safety buat kami yaitu zero tolerance, at any cost,” tegasnya.

Selanjutnya, terang Ari, perlu diingat bahwa Garuda sebagai leading national airlines atau BUMN juga mempunyai stakeholders yang lain, mirip karyawan, pilot, dan pemegang saham dalam hal ini Pemerintah Indonesia. “Jadi harus memperhatikan kepentingan semuanya, khususnya kepentingan nasional,” papar Ari.

Menurut dia, Garuda akan terus melaksanakan efisiensi dan terobosan-terobosan gres untuk menekan biaya. “Seperti yang sudah-sudah saya sampaikan sebelumnya. Termasuk pengembangan taktik untuk meningkatkan auxiliary revenue lainnya,” ungkap Ari.

Dia menambahkan, acara efisiensi biaya yang dilakukan Garuda akan lebih optimal kalau menerima derma semua pihak.

“Garuda juga banyak dan akan terus menawarkan program-program diskon sesuai dengan ekspektasi pelanggan melalui travel fair atau online market place, dan silahkan dipesan jauh sebelum hari keberangkatan. Khusus bulan ini kami akan kembali lagi dengan online travel fair dan festival-festival lainnya yang niscaya sangat menarik buat para penumpang,” tandas dia.

BACA JUGA:  Perguruan Tinggi Telah Menyadari Ancaman Radikalisme

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here