Pengamanan Debat Capres Keempat Gunakan Sistem Ring

0
168
Personel Brimob Polda Sumut Berjaga Di Kawasan Terjadinya Perusakan Pos Sekuriti Di Perumahan Elit Cemara Asri Medan, Sumatera Utara, Senin (4/2/2019).
Personel Brimob Polda Sumut Berjaga Di Kawasan Terjadinya Perusakan Pos Sekuriti Di Perumahan Elit Cemara Asri Medan, Sumatera Utara, Senin (4/2/2019).

TNI-Polri memakai sistem ring dalam acara pengamanan debat keempat calon presiden (capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto, di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat.

“Tentunya di lokasi kita menciptakan perencanaan-perencanaan pengamanan. Kita buat ring satu hingga ring empat,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Kamis (28/3/2019).

Dikatakan Argo, ring satu akan diamankan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). “Tentunya masuk ring satu melalui pintu sterilisasi. Di dalam ruang debat ada pendukung pasangan capres masing-masing, ada juga usul VIP dari KPU. Tentunya semua sesuai kapasitas ruangan. Semua orang yang mau masuk itu kita cek, ada ID Card yang sudah dikeluarkan oleh KPU. ID Card itulah yang boleh masuk di sana,” ungkap Argo.

Argo menyampaikan, ring dua berada di luar ruangan debat, mirip gedung hotel, termasuk basement. Pengamanan dan penjagaan dilakukan TNI-Polri.

“Ring tiga itu sekitar hotel, termasuk pintu keluar-masuk ke hotel, jalan di depan hotel. Kita tempatkan anggota pengamanan di sana,” kata Argo.

Menurut Argo, ring empat merupakan jalan-jalan yang menuju ke lokasi. Polisi kemudian lintas akan melaksanakan pengamanan dan pengaturan semoga tidak terjadi kemacetan.

“Semuanya kita atur jangan hingga ada kemacetan yang panjang. Nanti dari Dirlantas akan memakai kekuatanya untuk mengatur. Nanti ditempatkan di aneka macam titik jangan hingga ada kemacetan. Intinya nanti apakah ada pengalihan arus, contraflow, buka-tutup (jalan), rekayasa kemudian lintas, itu situasional,” tandas Argo.

BACA JUGA:  Pucuk Cool Jam 2019 Kaprikornus Ajang Unjuk Kebolehan Anak Muda Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here