Jalan Rusak, Pemkab Purwakarta Tegur Kontraktor Kereta Cepat

0
170
1391681912
1391681912

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, menegur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) alasannya adalah kendaraan besar yang mengangkut material untuk proyek jalur kereta cepat Jakarta-Bandung menimbulkan jalan rusak di tempat Purwakarta.

“Kondisi jalan yang melintasi Desa Darangdan, Depok dan Sirnamanah, Kecamatan Darangdan jadi rusak parah dan dipenuhi lumpur tanah merah,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan Purwakarta, Budi Supriyadi, di Purwakarta, Kamis (28/3/2019).

Menurut Budi Supriyadi, kerusakan juga terjadi di ruas Jalan Cilegong dan Cikao.

Atas hal tersebut, Pemkab Purwakarta memberikan surat teguran kepada pihak perusahaan yang membangun jalur kereta api cepat di tempat Purwakarta. Surat itu bernomor 620/109/DPUBMP/III/2019, ditujukan kepada pihak PT KCIC.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa kondisi dua jalan di Purwakarta yang dilintasi kendaraan pengangkut material proyek kereta cepat mengalami rusak parah, bahkan membahayakan pengguna kendaraaan.

Budi Supriyadi menjelaskan, kondisi dua ruas jalan tersebut bantu-membantu hanya bisa menampung kendaraan muatan sumbu maksimal 8 ton. Untuk itu, ia meminta biar PT KCIC memperhatikan hal tersebut.

Sementara Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta Iyus Purnama sebelumnya mengakui adanya kerusakan infrastruktur akhir tingginya kemudian lintas kendaraan berat. Dinas Bina Marga dan Pengairan Purwakarta sudah mulai menginventarisasi kerusakan jalan yang ditimbulkan dari proyek itu.

“Kita minta pertanggungjawaban ke pihak ketiga, dalam hal ini pemborong dari proyek kereta cepat biar memperbaiki jalan yang rusak itu,” kata Iyus Purnama.

BACA JUGA:  Ajang One Championship di Istora Sajikan Duel Menarik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here