Peluang Bisnis Kopi Masa Kini

0
166

Peluang Bisnis Kopi Masa Kini

Peluang bisnis kopi tidak melulu dengan berjualan produk minuman kopi, karena cakupan bisnis yang berkaitan dengan produk kopi itu sendiri sangatlah luas. Sayangnya, kebanyakan orang saat ini lebih memilih untuk bergelut dengan minuman kopi sehingga pasar bisnis ini menjadi sangat ketat. Padahal, ada banyak sekali peluang bisnis lain yang masih berkaitan erat dengan kopi.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa bisnis minuman kopi saat ini mesih menjadi primadona, baik karena keuntungannya yang besar maupun kemudahannya saat awal memulai bisnis ini, sehingga bisnis-bisnis lain yang terkait dengan kopi masih belum begitu banyak dilirik. Peluang ini lah yang harus dimanfaatkan oleh kita, tinggalkan lah sejenak hasrat untuk membuka kedai minuman kopi, lalu carilah peluang lain yang masih berkaitan erat dengan kopi itu sendiri.

Berikut adalah peluang bisnis kopi masa kini yang perlu anda pertimbangkan:

  1. Penjual biji kopi.

Kedai minuman kopi tidak akan dapat beroperasi dan melayani pelanggannya dengan baik, apabila mereka tidak mendapatkan suplai biji kopi dari para penjual. Dengan semakin, banyaknya kedai kopi di mana-mana bahkan hampir ada di setiap gang, maka menjual biji kopi adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan, apalagi bila kita sudah memiliki banyak relasi dan teman pecinta kopi.

Inti dari bisnis ini adalah mendapatkan biji kopi dengan harga terbaik, lalu menjualnya dengan harga yang tinggi. Bisnis ini bisa dimulai dari tahap reseller dengan membeli biji atau bubuk kopi yang sudah dikemas untuk kemudian dijual kembali. Bila skala bisnis sudah semakin besar, maka kita dapat mencoba membeli biji kopi dari petani atau koperasi petani, lalu mengolahnya menjadi biji atau bubuk kopi siap seduh yang kita kemas sendiri dengan merk milik kita.

Modal utama dari bisnis ini adalah pengetahuan mengenai kopi itu sendiri, mulai dari jenisnya, tingkat kematangannya, tingkat kehalusannya setelah digiling, hingga karakter rasa masing-masing kopi. Ini penting karena pembeli pasti akan menanyakan hal-hal tersebut sebelum membeli produk kopi dari anda. Setelah itu, baru modal uang dibutuhkan di sini. Modal uang bukanlah modal utama, karena hanya dengan ratusan ribu rupiah saja, anda sudah dapat menjadi pedagang kopi, tinggal bagaimana anda menawarkannya hingga pembeli tertarik untuk membelinya.

  1. Penjual peralatan kopi.

Internet memudahkan kita semua untuk mencoba hal yang sebelumnya tidak mungkin kita lakukan, salah satunya adalah menjual sesuatu tanpa memiliki toko di lokasi strategis, namun tetap memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Potensi ini lah yang harus kita manfaatkan dengan menjual peralatan kopi secara online, sehingga kita dapat menjangkau pasar penikmat kopi yang begitu luas dan mendapatkan banyak pembeli dari seluruh penjuru Indonesia.

Namun, bisnis ini memiliki satu kendala awal yang cukup menyulitkan banyak orang, yaitu modal yang cukup besar, karena untuk memulainya paling tidak kita harus memiliki modal sekitar puluhan juta rupiah. Modal ini akan digunakan untuk membeli berbagai peralatan kopi dengan harga produsen untuk kemudian dijual lagi dengan harga pasar. Apabila kita hanya membeli dalam jumlah sedikit, maka kita tidak akan dapat menjualnya dengan harga yang bersaing, secara otomatis kita akan kesulitan mendapatkan penjualan

Sebenarnya besaran modal di awal bisa ditekan dengan cara  hanya menjual peralatan kopi untuk segmen menengah ke bawah, dengan kisaran harga jual produk di antaran puluhan ribu hingga ratusan ribu. Hanya saja, modal uang tetap menjadi hal yang utama untuk memulai bisnis ini.

BACA JUGA:  Menghitung Biaya Operasional Coffee Shop

Bila saat ini anda sudah memiliki modal yang cukup besar untuk memulai usaha sebuah kedai kopi, silahkan pertimbangkan kembali dengan melakukan perhitungan secara cermat, apakah bisnis kedai kopi atau bisnis peralatan kopi yang mungkin akan lebih menguntungkan bagi anda di masa yang akan datang.

Untuk pemasaran sendiri, selain secara online, anda juga bisa melakukan penawaran langsung kepada kedai-kedai kopi di sekitar wilayah anda. Asal produk anda memiliki harga yang bersaing, maka menjual peralatan kopi bukanlah hal yang sulit, apalagi saat ini tren meminum kopi sedang naik di Indonesia.

  1. Berbisnis pernak pernik kedai kopi.

Persaingan kedai kopi yang sangat ketat, menuntut mereka untuk tampil berbeda dari para pesaingnya. Untuk itu, setiap kedai kopi membutuhkan berbagai pernak pernik yang dapat memberikan kesan khusus kepada kedainya, sehingga memberikan kesan tersendiri kepada para pelanggannya. Entah itu sebuah poster besar dengan gambar yang unit, kap lampu gantung yang lucu, atau bahkan lukisan besar di dinding kedai kopi milik mereka. Intinya, mereka ingin tampil berbeda.

Dari situ lah, muncul bisnis pernak pernik kedai kopi, bisnis ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kedai kopi tadi. Sayangnya, bisnis ini adalah bisnis yang paling jarang dilirik bila dibandingkan dengan dua bisnis sebelumnya. Padahal, potensi keuntungan yang mungkin didapatkan pun tidak kalah besarnya dengan potensi bisnis kopi lainnya, bahkan bisnis ini memiliki resiko kerugian yang paling kecil karena apa yang dijual tidak mungkin basi. Selain itu, modalnya sangat bervariasi, bahkan bisa dimulai dengan tanpa modal sama sekali.

Namun, anda harus memiliki jiwa seni yang tinggi sebagai modal utamanya, tanpa hal tersebut maka bisnis ini tidak akan bertahan lama atau bahkan tidak bisa dimulai sama sekali. Hal ini karena pembeli selalu mencari pernak pernik yang unik, kreatif dan berbeda dari pernak pernik yang banyak dijual secara online.

Satu lagi yang diperlukan untuk sukses dalam bsinsi ini, yaitu portofolio atau track record yang bagus. Oleh karena itu, di awal-awal memulai bisnis, sebaiknya jangan memasang harga terlalu tinggi, bila perlu tawarkan diskon yang besar kepada para pembeli. Hal ini penting, agar kita bisa dengan cepat mengumpulkan portofolio atau track record hasil karya kita, karena biasanya para pembeli akan menanyakan contoh-contoh produk kita yang sudah digunakan oleh kedai kopi lain. Kemudian, dengan semakin banyaknya portofolio atau track record di awal bisnis, akan memudahkan bisnis kita ke depannya, karena pembeli akan datang dengan sendirinya tanpa kita melakukan promosi dan kita juga dapat memasang harga yang cukup tinggi dibandingkan kompetitor.

Sudah mulai menemukan peluang bisnis kopi yang tepat? Intinya, cobalah untuk sedikit melupakan kedai kopi karena bisnis yang berkaitan dengan kopi sangatlah luas dan semuanya menjanjikan keuntungan yang tidak kalah besarnya. Dan jangan lupa, bahwa pangsa pasar tiga bisnis di atas tidak terbatas hanya pada kedai kopi saja, namun juga seluruh tempat makan, karena hampir semua tempat makan juga menjual berbagai variasi minuman kopi. Jadi sekarang, mulailah menghitung modal yang dimiliki, buatlah perencanaan bisnis dengan segala resikonya, lalu bukalah bisnis anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here