Alat Seduh Kopi Dengan Harga Murah

0
13

Alat Seduh Kopi Dengan Harga Murah

Di pasaran, ada banyak sekali jenis dan variasi merk alat seduh kopi, dari yang berharga puluhan ribu hingga yang ratusan juta rupiah. Namun, bagi anda yang ingin membuat sendiri kopi di rumah atau yang ingin memulai usaha kopi kecil-kecilan, alat seduh kopi dengan harga murah sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Untuk mendapatkan minuman kopi yang berkualitas, tidak melulu soal alat seduh yang mahal, karena tanpa alat apa pun kita juga sebenarnya dapat membuat minuman varian kopi tubruk yang rasanya tidak kalah nikmat dari varian minuman kopi-kopi lainnya, asal ada kopi dan air panas maka kopi tubruk pun jadi. Oleh karena itu, jangan memaksakan diri untuk membeli alat seduh kopi di luar kemampuan keuangan yang kita miliki, atau bertahan dengan kopi sachet instan karena belum memiliki alat seduh sendiri di rumah.

Jika memang sudah sedikit bosan dengan kopi tubruk dan belum memiliki uang yang cukup, atau sudah terlalu ngebet ingin memiliki coffee shop sendiri namun modal masih sangat terbatas, maka alat seduh kopi dengan harga murah dapat menjadi solusinya.

Vietnam Drip

Alat seduh ini digunakan untuk membuat varian minuman vietnam kopi. Di mana kopi yang sudah diseduh akan dicampur dengan susu kental manis, bisa disajikan secara panas maupun dingin. Hasil seduhannya memiliki rasa kopi yang kuat dan tebal, hal tersebut disebabkan karena waktu penyeduhannya yang cukup lama, untuk menunggu seluruh air panas menetes ke bawah.

Di pasaran sendiri, alat seduh vietnam drip yang berbahan dasar stainless steal dijual sesuai dengan ukurannya, yang termurah di kisaran 60 ribuan sedangkan yang termahal di kisaran 150 ribuan. Alat vietnam drip ini sendiri banyak yang dijual tanpa merk, kalau pun ada merk biasanya bukanlah dari produsen alat kopi terkenal.

Vietnam drip sendiri sangat cocok digunakan di rumah maupun di coffee shop skala kecil hingga besar, karena kemudahan penggunaannya dan kepopuleran vietnam kopi yang akhir-akhir ini sedang meningkat. Bila dilihat dari sisi harganya, pemilik coffee shop dapat membeli alat ini dalam jumlah yang cukup banyak, agar pembeli bisa dengan cepat mendapatkan pesanannya.

Vietnam drip harus masuk di dalam daftar pembelian alat kopi anda, bila anggaran yang dimiliki terbatas. Alat ini adalah salah satu alat seduh kopi murah yang paling populer dan banyak digunakan saat ini.

V60

Selain vietnam drip, V60 juga sangat populer dikalangan pecinta dan penikmat kopi saat ini, baik karena kemudahan penggunaannya maupun kenikmatan kopi yang dihasilkan dari proses pembuatannya menggunakan alat ini. Hanya saja, penggunaan alat ini perlu didukung dengan perangkat tambahan lainnya, misalnya saja kertas filter, teko leher angsa untuk menuang air, dan timbangan dengan banyak parameter. Sehingga dibutuhkan biaya tambahan untuk membeli parangkat tersebut, dan juga biaya setiap kali menyeduh kopi karena kertas filter hanya bisa digunakan untuk satu kali penyeduhan, pemilihan kertas filter juga berpengaruh kepada rasa kopi yang dihasilkan, semakin bagus kualitas kertas filter maka semakin bagus juga kualitas seduhan kopi yang dihasilkan, semakin bagus kualitas kertas kopi maka harganya akan semakin mahal.

V60 sendiri memiliki harga yang sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, semuanya tergantung bahan pembuatnya dan perusahaan mana yang memproduksinya. Untuk V60 dengan harga murah, biasanya dibuat dari bahan plastik tipis, sedangkan untuk V6 dengan harga mahal biasa dibuat dari bahan keramik premium.

BACA JUGA:  Membuat Kopi Vietnam Drip Dengan Rasa Premium

Pemilihan V60 dapat disesuaikan dengan anggaran dana yang dimiliki, untuk skala rumahan atau yang ingin mencobanya terlebih dahulu dapat menggunakan V60 dengan harga murah hingga menengah, sedangkan untuk skala coffee shop besar dapat menggunakan V60 kelas premium. Namun, rasa nikmat tetap ditentukan oleh banyak faktor, V60 mahal belum tentu menghasilkan kopi yang enak.

Bila dibandingkan dengan alat vietnam drip, tentu penggunaan V60 akan menghasilkan biaya produksi secangkir kopi yang lebih mahal, namun V60 dapat melakukan penyeduhan dengan lebih cepat. Perlu perhitungan yang cermat, saat menggunakan V60 di coffee shop, sehingga harga jual secangkir kopi dapat menutupi seluruh biaya produksi sekaligus memberikan keuntungan yang cukup.

French Press

Alat ini sebenarnya tidak sepopuler vietnam drip maupun V60, namun kemampuannya dalam menghasilkan kopi yang enak bila digunakan dengan benar tidaklah kalah dengan dua alat seduh sebelumnya. Kelebihannya, alat ini dapat menyeduh kopi dalam jumlah yang cukup banyak sekaligus dan penggunaanya yang sangat mudah, tanpa perlu perangkat tambahan apa pun seperti layaknya V60. Hasilnya, menyeduh kopi menjadi lebih murah.

Di pasaran sendiri, french press dijual dengan harga sekitar ratusan ribu rupiah. Alat ini dapat dengan mudah dibeli di toko-toko alat kopi di berbagai daerah maupun toko peralatan kopi online.

French press dapat digunakan untuk penyeduhan kopi di rumah maupun di coffee shop, namun biasanya alat ini cukup jarang digunakan oleh sebuah coffee shop untuk membuat varian minuman kopi yang mereka jual, kalau pun ada biasanya coffee shop skala kecil yang menggunakannya dan itu pun terkadang hanya digunakan untuk mengocok susu hangat agar susu menjadi berbuih. Tapi tidak ada salahnya juga untuk tetap menggunakannya di coffee shop yang akan anda buka, yang terpenting anda menguasai betul penggunaan alat ini agar dapay menghasilkan secangkir kopi bercita rasa enak yang layak dijual kepada para konsumen yang datang ke coffee shop milik anda.

Moca Pot

Dari sekian banyak alat seduh kopi murah di atas, moca pot lah yang paling jarang digunakan, baik untuk penggunaan skala rumahan maupun di coffee shop. Padahal, alat seduh ini dapat menghasilkan seduhan kopi dengan rasa yang kuat sekaligus nikmat dan memiliki proses penyeduhan yang unik dan menarik.

Harga moca pot sendiri di pasaran berkisar sekitar ratusan ribu, alat ini juga cukup mudah didapatkan di toko-toko peralatan kopi online, namun tidak banyak variasi merk untuk alat ini.

Tidak ada salahnya untuk mencoba menyeduh kopi dengan moca pot di rumah maupun menggunakannya di coffee shop untuk membuat minuman kopi pesanan para pembeli. Hal ini justru dapat dijadikan sebagai ciri khas coffee shop sehingga terlihat berbeda bila dibandingkan dengan coffee shop pesaing.

Kesimpulannya, jangan mengurungkan niat anda untuk membuat kopi sendiri di rumah atau membatalkan niat untuk membuka coffee shop dengan alasan harga alat seduh yang tidak terjangkau, karena ada banyak sekali alat seduh kopi dengan harga murah yang tersedia di pasaran. Hasil seduhannya pun tidak kalah nikmat dengan alat-alat mahal bila kita dapat menggunakannya dengan baik dan benar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here