Membuat Kopi Vietnam Drip Dengan Rasa Premium

0
11

Membuat Kopi Vietnam Drip Dengan Rasa Premium

Membuat kopi vietnam drip sebenarnya tidaklah sulit, namun perlu langkah-langkah yang tepat agar mendapatkan cita rasa minuman kopi yang premium sehingga nikmat untuk diminum. Sayangnya, masih banyak pengguna alat seduh ini yang menggunakannya secara sembarangan dan asal jadi, tanpa memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas hasil seduhan.

Kopi vietnam drip sendiri adalah kopi susu, campuran dari seduhan kopi dengan tambahan susu kental manis putih. Kopi ini bisa dinikmati panas maupun dingin dengan menambahkan es batu di dalamnya. Ciri khasnya adalah kopi yang kental dengan rasa yang tebal, gurih dan krimi khas susu kental manis.

Untuk mendapatkan cita rasa tersebut, hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum masuk pada langkah penyeduhan adalah kualitas kopi dan susu kental manis yang digunakan, setelah itu perhatikan juga kebersihan dari alat vietnam drip itu sendiri. Biasanya, alat vietnam drip akan dicuci bersih terlebih dahulu, kemudian dilap hingga benar-benar kering.

Biasanya, kopi yang digunakan pada kopi vietnam drip adalah jenis robusta atau campuran antara robusta dengan arabika yang digiling dengan tingkat kehalusan medium. Tingkat kehalusan gilingan biji kopi harus diperhatikan betul, hal ini nantinya akan berkaitan dengan waktu seduh yang dibutuhkan. Untuk susu kental manis sendiri, dapat menggunakan berbagai susu kental manis putih yang banyak tersedia di pasaran dengan tingkat kekentalan yang cukup.

Setelah persiapan awal semua sudah dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah proses penyeduhan. Ini adalah tahapan terpenting dalam membuat kopi vietnam drip dengan rasa premium, enak tidaknya rasa kopi banyak ditentukan di sini.

  1. Menakar susu kental manis 

Susu kental manis yang dibutuhkan biasanya berkisar antara dua sampai tiga sendok makan, tergantung dari sedikit banyaknya kopi vietnam drip yang akan kita buat dan seberapa tingkat kemanisannya, yang terpenting rasa manis, gurih dan krimi dari susu kental manis tersebut harus terasa karena ini lah ciri khas dari kopi vietnam drip itu sendiri.

Tuangkan susu kental masin ke dalam cangkir atau gelas yang akan digunakan untuk menampung tetes hasil seduhan kopi dari alat vietnam drip. Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan susu cair atau susu bubuk, karena cita rasa yang didapatkan akan sangat berbeda sekali dengan rasa kopi vietnam drip aslinya. Rasa manis yang khas dan tingkat kekentalan tidak akan didapatkan bila kita menggunakan dua jenis produk susu tersebut.

  1. Menakar kopi 

Bubuk kopi yang dibutuhkan untuk satu buah cangkir ukuran sedang biasanya berkisar antara 18 sampai 22 gram, kita dapat menggunakan timbangan digital untuk mendapatkan berat yang benar-benar sesuai. Kelebihan bubuk kopi akan menyebabkan rasa kopi vietnam drip menjadi sangat pahit dan kekurangan bubuk kopi akan menjadikan rasanya hambar dan kalah dengan rasa dari susu kental manis. Apabila memang sama sekali tidak memiliki timbangan, gunakan bubuk kopi sebanyak sekitar satu sendok makan tidak penuh, namun cara ini sangat tidak dianjurkan untuk proses pembuatan kopi vietnam drip di coffee shop.

Masukkan kopi yang sudah ditakar ke dalam alat vietnam drip, lalu lakukan penekanan hingga benar-benar padat dan seluruh lubang pada alat ini tertutup. Proses penekanan sangat menentukan hasil, kopi yang tidak padat dan tidak menutupi seluruh lubang yang ada akan menyebabkan proses penyeduhan tidak sempurna, karena air panas yang dituang akan cepat turun ke dalam gelas atau cangkir di bawahnya.

  1. Menyiapkan air panas dan menuangkannya 
BACA JUGA:  Membuka Coffee Shop Dengan Modal Kecil

Air panas biasanya mulai disiapkan setelah langkah satu dan dua selesai dilakukan, agar air panas yang dituangkan benar-benar bersuhu sekitar 90 derajat celcius. Bila sulit untuk mengukur suhunya, rebus air hingga mendidih lalu biarkan selama sekitar 1 menit, baru air panas siap untuk dituangkan.

Perlu diingat bahwa proses penyeduhan dengan alat vietnam drip hingga seluruh air habis jatuh ke dalam cangkir atau gelas membutuhkan waktu yang cukup lama, padahal waktu yang ideal untuk menyeduh kopi biasanya hanya sekitar 4 atau 5 menit. Untuk itu, hanya tuang air sedikit saja atau kira-kira setengah dari daya tampung alat ini. Sehingga, proses penyeduhan dapat selesai dalam waktu yang diinginkan.

  1. Proses penyeduhan 

Gunakan timer agar proses penyeduhan benar-benar dilakukan selama 4 sampai 5 menit. Lalu, hindari membuka tutup alat vietnam drip selama proses penyeduhan, hal ini untuk menghindari uap panas keluar dari dalam alat dan menghindari suhu air panas turun dengan cepat.

Lalu bagaimana bila waktunya sudah lewat namun air belum habis? Itu berati biji kopi yang digunakan digiling terlalu halus. Lalu bila ternyata hanya dalam waktu sekitar 1 menit bahkan kurang air sudah habis, maka itu berarti biji digiling kurang halus atau proses pemadatan bubuk kopi pada alat vietnam drip kurang sempurna.

  1. Proses pengadukan 

Setelah proses penyeduhan selesai, bereskan alat vietnam drip. Pada tahap ini, cangkir atau gelas baru terisi sedikit kopi saja, kemudian tuangkan air panas dengan suhu yang sama pada saat penyeduhan, Setelah itu, aduk hingga semuanya benar-benar tercampur rata. Vietnam drip sudah siap disajikan dalam kondisi panas, bila ingin disajikan dingin maka tunggu beberapa saat lalu tambahkan es batu secukupnya.

Kenapa air tidak dituangkan seluruhnya? Pertama, proses penyeduhan akan sangat lama sehingga rasa kopi tidak akan enak lagi. Kedua, hasil penyeduhan kopi akan dingin atau berubah menjadi hangat saja, hal ini akan menyulitkan bila nantinya kopi vietnam drip ini akan disajikan panas-panas, karena untuk mengembalikan suhunya, gelas atau cangkir harus direndam terlebih dahulu di dalam air panas yang benar-benar mendidih.

Membuat kopi vietnam drip dengan rasa premium sudah selesai. Diperlukan beberapa kali percobaan untuk benar-benar mendapatkan rasa yang tepat, sehingga nantinya kita akan mendapatkan standar kehalusan biji kopi sendiri, lama waktu penyeduhan yang paling sesuai, takaran susu kental manis yang paling pas, takaran air yang tepat untuk proses penyeduhan dan air panas yang ditambahkan kemudian. Hasilnya, terciptalah kopi vietnam drip yang premium sekali.

Untuk anda yang berniat untuk membuka coffee shop, lakukan lah percobaan sebanyak mungkin untuk mendapatkan rasa kopi vietnam drip premium yang dapat dijual, dengan cara mencoba berbagai macam jenis kopi dengan tingkat kehalusan yang berbeda-beda, serta mencoba beberapa variasi takaran susu kental manis sehingga tercipta rasa manis, krimi dan gurih yang pas. Kopi vietnam drip biasanya dijual dengan harga sekitar 10 ribu rupiah hingga 15 ribu rupiah di sebuah coffee shop skala menengah bawah. Untuk itu, pastikan ongkos produksi kopi yang anda buat ada di bawah kisaran harga tersebut, agar mampu bersaing dengan coffee shop kompetitor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here