Nyoblos Pakai E-KTP Tidak Bisa di Sembarang TPS

0
7
1555310853
1555310853

Beberapa hari ini beredar pesan di media umum bahwa masyarakat mampu menggunakan hak pilih dengan hanya membawa KTP elektronik atau e-KTP. Bahkan, di dalam pesan itu juga disertakan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa pemilih mampu tiba ke daerah pemungutan bunyi (TPS) hanya dengan menggunakan e-KTP atau surat keterangan (suket).

Lantas, apakah memang pemilih cukup dengan membawa e-KTP untuk mencoblos? Ternyata, penggunaan e-KTP tidak segampang itu. Artinya, pemilih tidak mampu menggunakan hak suaranya di sembarang TPS hanya dengan berbekal e-KTP.

Hal itu sudah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 tahun 2019 wacana Perubahan Atas PKPU Nomor 3 Tahun 2019 wacana Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum.

Pasal 9 Ayat 1 PKPU 9/2019 itu menyebutkan, pemilih yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih pelengkap (DPTb) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 karakter c menggunakan hak pilihnya dengan memperlihatkan e-KTP atau suket kepada KPPS pada dikala pemungutan suara.

Lalu, Ayat 2 menyebutkan hak pilih sebagaimana dimaksud pada Ayat 1 hanya mampu dipakai di TPS yang berada di rukun tetangga (RT) atau rukun warga (RW) atau sebutan lain sesuai dengan alamat yang tertera dalam e-KTP atau suket (surat keterangan).

Kemudian Ayat 3 PKPU 9/2019 menyebutkan, dalam hal di RT/RW atau sebutan lain pemilih yang bersangkutan tidak dibentuk TPS, pemilih yang bersangkutan mampu memperlihatkan hak pilih di TPS yang berdekatan, yang masih dalam satu wilayah desa/kelurahan atau sebutan lain.

Ayat 4 PKPU itu mengatur, penggunaan hak pilih sebagaimana dimaksud pada Ayat 1, dilakukan satu jam sebelum pemungutan bunyi di TPS selesai.

Jadi, PKPU itu terperinci mengatur bahwa pemilih yang cuma bermodal e-KTP hanya mampu menggunakan hak pilih pada TPS yang sesuai dengan RT/RW atau sebutan lain yang sesuai dengan alamat pemilih di e-KTP. Hanya pemilih yang mempunyai surat pindah atau masuk DPTb yang mampu menggunakan e-KTP untuk menentukan di daerah lain sesuai alamat di surat pindah itu.

BACA JUGA:  Perempuan Berperan Bebaskan Bangsa dari Kemiskinan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here