Kota Denpasar Perkuat Pelestarian Warisan Budaya

0
133
Kota Denpasar Perkuat Pelestarian Warisan Budaya
Kota Denpasar Perkuat Pelestarian Warisan Budaya

Komitmen Kota Denpasar dalam mendukung pelestarian warisan budaya menerima apresiasi dari dunia internasional. Oleh alasannya itu, Denpasar akan terus memperkuat pelestarian warisan budaya.

Setelah resmi bergabung menjadi anggota Organization World Heritage City (OWHC) pada 2013 kemudian dan sukses menggelar konferensi OWHC Asia Pasific pada 2016, sekarang dunia internasional kembali mengapresiasi dengan mempercayai Denpasar sebagai tuan rumah penyelenggaraan International Conference OWHC Eurasia IX.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung sampai 2 Mei 2019 ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster didampingi Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Dirjen Promosi Pariwisata Kempar I Gede Pitana, serta Sekjen UCLG Eurasia Regional Cordinator of OWHC Rasikh Sagitov, Sekjen OWHC Denish Ricard, di Prama Sanur Beach Hotel, Selasa (30/4/2019).

Dalam kesempatan tersebut juga turut dilaksanakan penandatanganan kolaborasi antara Pemkot Denpasar bersama Pemkot Bulgar, Rusia serta pembukaan pekan raya lukisan dan foto heritage Kota Denpasar.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, serta ratusan delegasi dari 13 negara di benua Eropa dan Asia.

Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi IGN Jaya Negara dikala diwawancarai menyambut baik dipilihnya Denpasar sebagai tuan rumah penyelenggaraan konferensi OWHC Eurasia IX 2019 ini.

Hal ini tentunya menjadi momentum bagi seluruh stakeholder Denpasar, utamanya yang bergerak dalam bidang pariwisata budaya.

“Hal ini tentu harus dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder untuk memperkenalkan Kota Denpasar di kancah dunia perihal aneka macam potensi pariwisata budaya,” ujar Rai Mantra.

Rai Mantra menambahkan, momentum ini juga harus menjadi tonggak untuk memperkuat warisan budaya sebagai elemen penting pengembangan sektor pariwisata.

BACA JUGA:  Berkumpul di Rumah JK, Tokoh Bangsa Dukung Polisi Tindak Perusuh

Keberadaan pariwisata di Kota Denpasar, ujarnya, wajib memperkuat kebudayaan dan kearifan lokal yang bergerak dalam balutan ekonomi kreatif.

“Momen internasional ini tentunya mampu menjadi momentum untuk memperkuat kebudayaan dan kearifan lokal di Kota Denpasar sebagai heritage city, dan warisan budaya yang tangguh merupakan modal utama dalam pengembangan heritage tourism,” ujar Rai Mantra.

Sekjen OWHC Denish Richard didamping Sekjen UCLG Eurasia regional Cordinator of OWHC, Rasikh Sagitov mengaku besar hati kongres OWHC yang digelar di Kota Denpasar ini. Hal ini tak lepas dari akad Pemkot Denpasar dalam melestarikan warisan budaya. Pihaknya berharap warisan budaya di Kota Denpasar tetap lestari.

“Setiap kota beserta seluruh jajaran pimpinan mempunyai kewajiban untuk ikut menjaga warisan budaya, Heritage dan tourism itu penting, saya sangat besar hati dengan hal itu,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here