Lama Tidak Muncul, Presiden Vietnam Dilaporkan Hilang

0
131
Lama Tidak Muncul, Presiden Vietnam Dilaporkan Hilang
Lama Tidak Muncul, Presiden Vietnam Dilaporkan Hilang

Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong (75) selama hampir tiga pekan tidak terlihat di muka umum. Hal itu menjadikan spekulasi atas kondisi kesehatannya yang memburuk.

Trong menghilang dari depan publik sehabis jatuh sakit pada 14 April 2019. Spekulasi atas kondisi kesehatannya semakin mencuat pada Jumat (3/5), sebab ia bolos dari pemakaman mantan presiden Le Duc Anh.

Media negara tidak menjelaskan alasan absensi Trong, yang sesungguhnya akan memimpin upacara pemakaman. Seorang juru bicara pemerintah yang tidak disebutkan namanya, menyatakan kesehatan presiden telah terpengaruh dengan intensitas beban kerjanya yang tinggi dan cuaca.

Menurut juru bicara itu, Trong akan segera kembali bekerja, tapi nyatanya ia tidak hadir dalam pemakaman negara sehingga kembali memicu spekulasi.

Kantor info Inggris, BBC, melaporkan bahwa kerahasiaan atas kondisi kesehatan dari para pemimpin partai dan pejabat pemerintah yakni cara untuk menggambarkan Vietnam sebagai negara stabil di bawah hukum satu partai.

“November lalu, Vietnam mengeluarkan undang-undang untuk mengklasifikasikan kesehatan para pemimpin tinggi partai dan pejabat pemerintahan sebagai ‘rahasia negara’, sebagai upaya untuk melindungi mereka dari desas-desus jahat dan apa yang dianggap sebagai serangan anti-pemerintah oleh pasukan kebencian,” tambah laporan BBC.

BACA JUGA:  Seorang Wanita Ditahan Terkait Penembakan Massal Jemaah Salat Jumat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here