Andre Taulany Terseret Kasus Dugaan Penistaan Agama

0
60
Andre Taulany Terseret Kasus Dugaan Penistaan Agama
Andre Taulany Terseret Kasus Dugaan Penistaan Agama

Belum simpulan masalah dugaan penistaan terhadap ulama, pelawak Andre Taulany kembali tersangkut masalah dugaan penistaan agama yang menciptakan Persaudaraan Alumni (PA) 212 geram. Bahkan PA 212 berencana melaporkan mantan vokalis group grup band Stinky itu ke kepolisian antas tuduhan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Hal itu diungkapkan Kepala Divisi Hukum PA 212, Damai Hari Lubis, ketika dihubungi sejumlah media, Sabtu (4/5/2019). “Jadi kami menyesalkan atas humor yang dibentuk bukan hal untuk dihumorkan, bukan hal untuk lucu-lucuan sebab menyangkut seorang rasulullah,” ungkap Damai Hari Lubis.

Damai Hari Lubis menjelaskan bahwa pelaporan ini perlu dilakukan biar tindakan yang dilakukan Andre tidak diikuti pelawak atau artis lain sebagai seorang pekerja entertaiment. “Kami ingin menguji penegakan aturan kita, hingga di mana kepedulian ujaran yang mengandung kebencian, yang mampu membangkitkan amarah warga sesuai aturan yang berlaku terhadap seorang artis,” kata Damai Hari Lubis.

Damai Hari Lubis mengungakapkan, mampu saja jikalau didiamkan akan berulang kepada gunjingan atau humor terhadap Nabi Muhammad SAW. “Seolah-olah itu perbuatan biasa. Untuk itu kami laporkan sesuai dengan undang-undang yang berlaku, tidak ada pembalasan. Melalui jalur aturan atas kemarahan yang dibuatnya tapi kami jalur hukum,” tandas Damai Hari Lubis.

Lawakan Andre yang dipersoalkan itu menurut video yang viral ketika Andre dan Sule sedang membawakan sebuah acara, ketika itu Andre dan Sule mewawancarai penyanyi Virzha. Dalam video yang viral itu, Virzha mengaku mengagumi Nabi Muhammad SAW yang wanginya mirip 1.000 bunga. “Dulu saya pernah baca dongeng jadi Nabi Muhammad, beliau aromanya 1.000 bunga, jadi berawal dari situ sih, jikalau kita mampu bau kenapa nggak?” ujar Virzha ketika program tersebut.

BACA JUGA:  Emma Watson Konsisten Berjuang untuk Perempuan

Lalu, Sule memperlihatkan statmentnya terkait ucapan Virzha itu. “Wangi, memperlihatkan kenyamanan kepada orang-orang,” timpal Sule mengomentari ucapan Virzha itu.

Namun di sela-sela pembicaraan itu, Andre berusaha melontarkan candaan yang kemudian dianggap melaksanakan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW. “Aromanya 1.000 bunga? Itu tubuh apa kebon?” ucap Andre yang kemudian videonya viral dan menuduh Andre melaksanakan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya, Andre sendiri sempat meminta maaf terkait lawakannya yang dianggap melaksanakan penghinaan terhadap Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Adi Hidayat dengan menyampaikan brand sepatu seorang narasumber yang disebut bermerk AdiSomad. Atas unggahannya itu, Andre mengaku meminta maaf dan tak pernah bermaksud menghina dua oarang ustaz itu.

Hingga gosip ini diturunkan, belum ada tanggapan dari Andre Taulany perihal dugaan penistaan Nabi Muhammad SAW yang dilakukannya itu. Namun hastag #AndreTaulanyKufurNikmat makin menyita komentar dari warganet yang rata-rata menyayangkan tindakan yang dilakukan Andre Taulany itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here