Penyakit Ginjal Bocor

0
297
Penyakit Ginjal Bocor
Penyakit Ginjal Bocor

LEBIHCEPAT.COM – Penyakit Ginjal Bocor

Penyakit Ginjal Bocor | Bagi Anda yang mempunyai sahabat yang menderita gagal ginjal bocor, pasti Anda bertanya “ Apa sih gagal ginjal bocor itu? Kira-kira menular gak sih?”. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa pengertian gagal ginjal bocor dan penyebab gagal ginjal bocor tersebut.

Sindrom Nefrosis atau lebih dikenal dengan istilah gagal ginjal bocor sendiri sebenarnya tidak ada dan tidak menular. Istilah tersebut diberikan oleh dokter yang mendiagnosis sindrom ini utnuk memudahkan pemahaman saja. Sindrom ini bisa mengenai orang dewasa atau anak-anak. Pada anak-anak , gejala ini menderita bentuk sindrom nefrosis yang disebut minimal change disease (penyakit dengan perubahan minimal). Sindrom ini mengakibatkan banyak protein yang keluar lewat urin sehingga protein dalam darah berkurang. Akibatnya perut menjadi bengkak, seperti busung lapar. Selain itu, tanda lainnya adalah pembengkakan pada kelopak mata, kaki dan perut.

Adapun beberapa penyebab sindrom nefrosis ini, antara lain :

  1. Keluarnya protein melalui urin

Keluarnya protein ini melalui urin bisa berakibat fatal, kenapa? Karena tubuh yang kekurangan protein normal mengakibatkan tubuh menjadi bengkak dan meningkatkan kadar kolesterol.

  1. Adanya perubahan lapisan atau membran

Penyebab dari ginjal bocor jika dilihat dari segi medis adalah adanya perubahan lapisan atau membran yang menyimpan albumin atau protein sebagai penyaring darah.

  1. Adanya infeksi pada organ ginjal

Adanya infeksi pada organ ginjal yang terlambat diketahui sehingga infeksi yang terjadi lebih parah atau semakin memburuk. Infeksi yang terjadi pada ginjal yang merupakan penyebab dari ginjal bocor ini juga dapat terjadi pada wanita yang sedang hamil sehingga mengakibatkan keguguran.

  1. Diabetes

Ketika kadar glukosa dalam darah meningkat akibat berkurangnya sekresi insulin dan menurunnya kepekaan sel terhadap insulin, maka dapat mempengaruhi kinerja ginjal. Hal ini karena tubuh secara otomatis akan langsung membuang kelebihan glukosa dalam darah melalui urin. Oleh karena itu, ginjal harus menyaring glukosa dalam darah untuk selanjutnya dibuang bersama urin tersebut.

BACA JUGA:  Terapi CAPD Lebih Efisien untuk Penyakit Gagal Ginjal

Itulah pembahasan mengenai Penyakit Ginjal Bocor yang perlu Anda pahami. Semoga bermanfaat. Amiin.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here