4 Tersangka Korupsi Dana Desa Ditahan di Kepahiang, Bengkulu

0
77
4 Tersangka Korupsi Dana Desa Ditahan di Kepahiang, Bengkulu
4 Tersangka Korupsi Dana Desa Ditahan di Kepahiang, Bengkulu

Empat tersangka korupsi dana desa (DD) Ujan Mas Bawah, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, ditahan penyidik Kejari setempat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Curup, Rejang Leobng.

Ketiga tersangka, yaitu Kepala Desa (Kades) Ujan Mas Bawah, Ahmad Badawi (AB), Sekdes Saiful Anwar (SA) dan dua orang bendahara Sofyan Aroni dan Ismono Sahadi. Mereka disangkakan melaksanakan korupsi dana desa tahun 2015,2016 dan tahun 2017.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kepahiang, Lalu Syaifudin melalui Kasi Pidsus, Rusdy Sastrawan membenarkan pihaknya menahan kades, sekdes dan bendahara yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi dana desa Ujan Mas Bawah tiga tahun berturut-turut, yaitu 2015, 2016 dan 2017.

Mereka ditetapkan sebagai tersangka alasannya adalah penyidik telah mempunyai dua alat bukti yang kuat. “Dari hasil penyidikan yang kita lakukan telah menemukan dua alat bukti yang kuat. Jadi, kita yakin mereka telah melaksanakan dugaan korupsi dana desa,” ujarnya, Rabu (15/5/2019).

Total kerugian negara dalam perkara dugaan korupsi dana desa Ujan Mas Bawah selama 3 tahun berturut-turut sebesar Rp 300 juta.

Modus korupsi yang dilakukan masing-masing tersangka ini bersekongkol melaksanakan mark up harga dalam pembangunan jalan rabat beton dan jembatan di desa tersebut.

Tersangka dijerat dengan pasal 2, 3 dan 9 UU Tipikor junto pasal 55 ayat (1) kitab undang-undang hukum pidana junto pasal 64 dengan bahaya minimal 4 tahun penjara.

Untuk diketahui Kades Ujan Mas Bawah yang ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Lapas Curup, Rejang Lebong, mulai menjabat kades semenjak tahun 2012 sampai sekarang.

Saat akan ditahan penyidik Kades Ujan Mas Bawah, Ahmad Baidawi mengaku sakit, sehingga dilakukan investigasi tim medis. Dari hasil investigasi sakit yang diderita tersangka tidak terlalu berat, sehingga tetap ditahan.

BACA JUGA:  Soal Calon DPD, Putusan MK untuk Kembalikan Muruah DPD

Sedangkan penahanan 3 tersangka lainnya tanpa ada hambatan yang berarti. Usia ditetapkan sebagai tersangka mereka eksklusif digiring masuk ke kendaraan beroda empat tanahan Kejari untuk dititpkan do Lapas Curup, Rejang Lebong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here