Taman Buah Mekarsari Pamerkan Tanaman Hias Aglaonema Koleksi Greg Hambali

0
12
Taman Buah Mekarsari Pamerkan Tanaman Hias Aglaonema Koleksi Greg Hambali
Taman Buah Mekarsari Pamerkan Tanaman Hias Aglaonema Koleksi Greg Hambali

Taman Buah Mekarsari sedang menggelar ekspo tumbuhan hias Aglaonema yang eksotik koleksi dari karya Sang Maestro Tanaman Hias, Gregori Garnadi Hambali, yang akan berlangsung sampai 2 Juni.

Nama Gregori Garnadi Hambali atau dekat disapa Greg Hambali sendiri sangat dikenal luas di kalangan penggemar tumbuhan hias Aglaonema atau Sri Rejeki, baik di Indonesia maupun mancanegara. Beliau merupakan “Sang Maestro” dan salah seorang pionir pengembangan tumbuhan hias di Indonesia melalui karya-karyanya yang fenomenal.

Dalam ekspo kali ini, selain tumbuhan Aglaonema, banyak juga ragam jenis lainnya dari tumbuhan koleksi Greg Hambali yang dipamerkan diantaranya: Licuala mattanensis, Licuala orbicularis, Dracaena JT stardust, Philodendron hybrid, dan masih banyak lagi.

hasil karyanya dalam dunia tumbuhan baik tumbuhan hias maupun tumbuhan buah sangat banyak. Pasalnya, konsistensi Greg dalam merakit dan membuatkan varietas-varietas unggul gres tumbuhan hias sudah dimulai semenjak 1980-an.

Varietas Aglaonema yang dirilis pertama kali sekitar 1990-an, berjulukan Aglaonema “Pride of Sumatra” dan menjadi Aglaonema silangan berdaun merah pertama di dunia. Bahkan varietas tersebut pernah menjadi juara ke- II pada kontes tumbuhan hias dunia yang diadakan di Belanda.

Aglaonema atau Sri Rejeki merupakan tumbuhan hias popular dari suku talas-talasan atau Araceae yang mempunyai 30 spesies.

Kemudian, pada 2006 Aglaonema varietas Harlequin, hasil persilangan Greg Hambali bisa terjual seharga Rp 660 juta lewat proses lelang. Pada tahun tersebut Harlequin merupakan varietas tumbuhan termahal, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

Pada 2010, Greg Hambali menerima penghargaan dan Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa kategori “Pemulia Tanaman Hias Terbaik Indonesia dan Penghasil Inovasi Varietas Unggul Tanaman Hias Aglaonema” oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

BACA JUGA:  Macron Menyerah, Gaji Buruh Naik Rp 1,7 juta

Greg Hambali – yang kerap dijuluki sebagai Bapak Aglaonema Indonesia – sudah melahirkan ratusan varietas gres dari hasil penelitian yang dilakukannya selama ini.

Dari banyak buku hasil karya dari Pak Greg yang telah diterbitkan, salah satunya yaitu buku berjudul “Aglaonema Silangan Greg Hambali Kiblat Aglaomania Dunia”. Buku tersebut dibutuhkan sanggup mempermudah penelusuran nama-nama Aglaonema silangan Greg Hambali yang telah beredar di pasaran.

Buku ini juga memuat berita ihwal resep diam-diam penyilangan Aglaonema, cara bertanam dan perawatan, hama penyakit, juga perbanyakan tanaman. Sehingga buku ini sangat berkhasiat sebagai materi acuan bagi para penggemar dan penangkar tumbuhan Aglaonema sebab dilengkapai galeri foto Aglaonema hasil persilangan Greg Hambali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here