Tak Lagi Horor, GT Brexit Kini Lancar dan Ramah Bagi Pemudik

0
97
Tak Lagi Horor, GT Brexit Kini Lancar dan Ramah Bagi Pemudik
Tak Lagi Horor, GT Brexit Kini Lancar dan Ramah Bagi Pemudik

Gerbang Tol (GT) Brebes Exit (Brexit) Timur sekarang tak lagi horor yang menjadi momok angker bagi pemudik, mirip beberapa tahun lalu. Kini, GT Brexit Timur melayani kendaraan yang melaksanakan transaksi tol, terpantau lancar dan tak ada antrean kendaraan yang signifikan.

Bahkan, petugas tol mempersilakan warga untuk melaksanakan swafoto di sekitar GT Brexit, tanpa mengganggu arus kemudian lintas.

‎GT Brexit Timur ini, sempat menjadi fenomenal alasannya adalah pernah menjadi sentra antrean pemudik yang keluar dari tol Cikampek-Palimanan. Saat itu, terjadi antrean mencapi puluhan kilometer dan pemudik tertahan sampai lebih dari 24 jam.

“Namun dalam dua tahun terakhir, pintu tol ini bukan lagi menjadi sentra kemacetan,” ujar salah satu petugas tol, Ian, Senin (3/6/2019).

Hal itu, diimbangi dengan semangat perbaikan pelayanan tol oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Selain itu, kata dia, seiring dengan rampungnya pembangunan tol Trans Jawa mulai dari Banten sampai Surabaya.

Tragedi Brexit terjadi pada 2016 lalu, ketika kemacetan mengular sampai 20 kilometer, menelan 17 korban meninggal.

Strategi mengurai kemacetan ketika ini dengan menyiagakan 39 titik gardu otomatis, 24 mobile reader dan 9 titik lokasi top up uang elektronik di sepanjang ruas Tol Kanci-Batang yang dikelola Waskita Karya.

Sepanjang Tol Trans Jawa sekarang kondisinya menarik untuk diceritakan. Pasalnya, proyek kolosal ini telah selesai dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun sehingga pemudik mampu menempuh perjalanan dari Jakarta menuju kota-kota di Jawa dengan lebih cepat dan lancar.

Total panjang Tol Trans Jawa mencapai 1.167 kilometer dan terdapat 18 ruas tol‎ yang dikelola dari aneka macam BUMN dan swasta. Kondisi ketika ini, menciptakan pemudik diprioritaskan oleh pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, dengan memberlakukan sistem rekayasa kemudian lintas contra flow dan one way sebagai upaya mengatasi kemacetan ketika pulang kampung Lebaran.

BACA JUGA:  Ditunjuk Tangani Milan, Ini Komentar Pioli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here