Rudiantara Minta Daftar Akun Medsos Cantumkan Nomor Ponsel

0
91
Rudiantara Minta Daftar Akun Medsos Cantumkan Nomor Ponsel
Rudiantara Minta Daftar Akun Medsos Cantumkan Nomor Ponsel

Penyedia platform media umum (medsos) perlu mewajibkan pendaftar semoga memakai nomor telepon seluler (ponsel) dikala menciptakan akun. Salah satu tujuannya adalah dalam rangka menghindari kemunculan akun-akun anonim yang berpotensi menyebar hoax.

“Jadi akun anonim, posting-nya pun anonim. Karena apa? Karena memakai cara pendaftaran yang anonim,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Rudiantara mengungkap, dirinya telah melayangkan surat kepada sejumlah penyedia medsos. Selama ini, pengguna hanya menyertakan alamat surat elektronik (e-mail) dalam menciptakan akun. Karenanya, cukup banyak akun-akun anonim bermunculan.

“Nanti orang bikin kisruh tidak mampu ditelusuri, yang repot kita semua. Kalau misalkan dari ponsel, kita kan sudah pendaftaran jikalau di Indonesia, jikalau ada problem aturan mampu ditelusuri. Bagus kan untuk penegakan hukum. Kalau enggak, orang nanti suka-suka,” ujar Rudiantara.

Sementara mengenai langkah Polisi Republik Indonesia melaksanakan pemantauan Grup Whatsapp berisi konten hoax, Rudiantara menilai, hal itu berlaku bagi yang bermasalah hukum.

“Hanya yang committed terhadap crime, artinya yang bermasalah dengan hukum,” ucap Rudiantara.

BACA JUGA:  Bandara San Francisco Larang Penjualan Botol Plastik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here