Jakarta Aquarium Tambah Koleksi Hewan Unik

0
70
Jakarta Aquarium Tambah Koleksi Hewan Unik
Jakarta Aquarium Tambah Koleksi Hewan Unik

Tiga binatang unik dan aneh, hadir pertama kali di Jakarta Aquarium. Ketiganya yaitu Gurita Pasifik Raksasa, Kutu Laut Raksasa, dan Naga Laut Berdaun serta Naga Laut Rumput.

Kurator Manajer Jakarta Aquarium, Aaron Jup, menjelaskan, Gurita Pasifik Raksasa merupakan mahluk luar biasa, cerdas dan cantik. Dengan total delapan lengan, ditutupi dengan cakram hisap, betina mempunyai sekitar 2.240 dan pejantan sekitar 100 lebih sedikit mereka mempunyai cengkeraman besar lengan berkuasa yang sanggup mendeteksi rasa dan bau, serta sanggup memasuki ruang yang lebih kecil dari tutup botol.

“Hewan ini harus dilihat lebih dekat, alasannya yaitu sanggup mengubah warna dan tekstur kulit mereka untuk berbaur dengan bebatuan dan ganggang di sekitar mereka,” ungkap Aaron Jup, di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Tidak hanya itu, lanjut Aroon, binatang ini mempunyai sembilan otak, satu untuk masing-masing lengan dan satu lagi di kepala mereka, manteI-hewan ini sangat cerdas, bisa memecahkan tek-teki rumit, membuka toples dan bermain dengan mainan. Mereka hidup di perairan pantai yang dangkal sampai kedalaman 100 meter atau lebih, suhu dibawah 10 derajat celcius dan mulai dari perairan Pasifik, Korea dan Jepang, utara ke Alaska dan selatan ke California Selatan.

Sedangkan Kutu Laut Raksasa, Aaron menjelaskan, binatang ini merupakan kerabat bersahabat udang dan kepiting yang hidup di kedalaman antara 160 dan 2.300 meter. Kutu Laut merupakan salah satu makhluk paling asing yang hidup di bahari dalam. Kutu Laut Raksasa sanggup hidup 5 tahun atau lebih tanpa makanan.

“Kutu Laut Raksasa mempunyai empat set rahang yang berbeda. Rahang ini sanggup membantu mereka merobek dan memotong mangsa mereka. Untuk mengetahui lingkungan di sekitar area hidup, mereka memakai dua antena. Antena kecil untuk mencicipi kandungan kimia dan yang besar untuk indera fisik,” papar Aaron.

BACA JUGA:  Calon Menteri Harus Miliki Tiga Kompetensi Kecerdasan

Sementara itu, terang Aaron, Naga Laut Berdaun mirip Kuda Laut dalam hal ukuran dan bentuk tubuh, tetapi mempunyai sirip kecil mirip daun yang menyamarkan mereka dari predator. Meskipun terkait, Naga Laut Berdaun bukan Kuda Laut, tetapi Spesies Naga Laut. Sekitar 250 telur di inkubasi oleh jantan di bab bawah ekor, dimana mereka tersimpan dijaringan spon. Untuk Naga Laut Rumput sanggup ditemukan di kerikil karang, hamparan rumput laut, padang rumput bahari dan kebun rumput laut. Spesies ini terkait dengan Kuda Laut.

“Tidak mirip Kuda Laut, Naga Laut tidak mempunyai kantung untuk membesarkan anaknya. Naga Laut Kurus sanggup berbaur dengan sangat baik di sekitarnya. Bahkan, anda mungkin pernah melihatnya tetapi menerka hanya melihat banyak sekali jenis rumput liar yang mengambang di sekitar perairan,” terang Aaron.

Direktur Jakarta Aquarium, Will Owens, menambahkan, dengan kehadiran koleksi binatang unik dan asing yang gres di Jakarta Aquarium yaitu salah satu misi pihaknya untuk memperlihatkan yang terbaik untuk pelestarian, konservasi dan edutainment untuk segala usia.

“Kita semua mempunyai tanggung jawab dalam menyelamatkan planet bumi. Fokus kami yaitu meminta semua pengunjung untuk menjelajahi kekayaan keragaman perihal spesies serta mengetahui tugas yang mereka mainkan. Jika semua pihak menciptakan satu perubahan dalam melindungi planet bumi, tentunya akan menghasilkan perbedaan,” tutup Owens.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here