1.200 Atlet Siap Bertarung di Triathlon Ironman 70.3

0
21
1.200 Atlet Siap Bertarung di Triathlon Ironman 70.3
1.200 Atlet Siap Bertarung di Triathlon Ironman 70.3

Sedikitnya 1.200 atlet dari 55 negara siap bertarung pada kompetisi dunia triathlon internasional, Indofood Ironman 70.3 yang bakal digelar di Bintan, 25 Agustus 2019. Kompetisi adonan cabang olahraga sepeda, lari, dan renang ini akan tetap berlangsung di Plaza Lagoi Bintan, Kepulauan Riau.

“Peserta Ironman 70.3 terbuka bagi atlet elite maupun amatir untuk berlaga memperebutkan slot di Kejuaraan Dunia Ironman 70.3 yang akan digelar di Taupo, Selandia Baru pada 2020 mendatang. Ini merupakan kesempatan terbaik bagi atlet triathlon terbaik untuk menerima slot di kejuaraan dunia. Ada peningkatan slot dari 30 di tahun 2018 menjadi 60 slot pada 2019,” kata CEO Metasport selaku penyelenggara, Natalie Marquet, di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Ironman 70.3 merupakan salah satu seri kejuaraan triathlon yang diatur oleh korporasi triathlon dunia WTC. Angka 70.3 mengacu kepada total jarak yang dilombakan yaitu 70,3 mil atau 113 km yang terdiri atas renang 1,9 km, sepeda 90 km, dan lari 21,1 km.

Namun, bagi mereka yang tidak ingin mengejar kualifikasi kejuaraan dunia, panitia telah menyiapkan dua perubahan ketentuan utama. Perubahan pertama, yakni renang akan dilakukan secara bergiliran. Peserta akan dibagi ke grup berisi empat orang dan setiap 6 detik mereka boleh mulai.

Perubahan kedua yaitu terdapat rain shower yang menyegarkan di titik-titik tertentu pada seluruh jalur, sementara lokasi penyelenggaraan program tetap berada di Plaza Lagoi, sentra pengembangan pariwisata kota Bintan. Jalur sepeda satu putaran yang memesona telah direnovasi pada 2018. Alhasil, sembari menuntaskan tantangan triatlon, akseptor akan disuguhkan panorama memukau, mulai dari perbukitan hijau, bentang pesisir, hingga desa-desa eksotis.

Bintan dipilih menjadi tuan rumah alasannya Pemda Kabupaten Bintan ingin membangun sport tourism untuk pulau terbesar Kepulauan Riau ini. Tidak hanya itu, letaknya yang berdekatan dengan Singapura diperlukan mampu menarik perhatian akseptor mancanegara untuk menghadiri perlombaan triatlon jarak jauh tersebut.

BACA JUGA:  Gol Bunuh Diri Bawa Senegal ke Final

Sebelumnya Kementerian Parawisata Republik Indonesia telah menobatkan Ironman 70.3 sebagai kompetisi teratas kategori “Most Valuable Tourism Events” di Indonesia. Karena jumlah akseptor internasional yang besar, kompetisi ini juga dianugerahi “Best Destination Race” oleh AsiaTri pada tahun 2018.

Dengan banyaknya akseptor yang mendaftar dari mancanegara, Indonesia diperlukan mampu menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Ironman 70.3 pada waktu mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here