Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Muncul Selama Kehamilan

0
449
Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Muncul Selama Kehamilan
Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Muncul Selama Kehamilan

LEBIHCEPAT.COM – Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Muncul Selama Kehamilan Menghadapi risiko stretch mark, pigmentasi kulit atau rambut rontok sering membuat banyak ibu hamil khawatir.

Kehamilan adalah salah satu saat terindah dalam kehidupan seorang wanita. Namun, Anda juga harus hati-hati terhadap beberapa masalah sulit saat hamil seperti stretch mark, kantung mata, pigmentasi kulit. Berikut adalah beberapa solusi untuk masalah-masalah khas yang dihadapi wanita selama kehamilan.

Cara mengatasi masalah yang sering muncul selama kehamilan

Stretchmark

Kulit terbentuk oleh pertumbuhan serat kulit yang cepat ketika rahim tumbuh untuk menciptakan ruang bagi bayi. Tanda peregangan ini sering membentuk garis besar di tengah perut bagian bawah. Untuk membatasi dan mencegah masalah penolakan kulit, ibu hamil harus menerapkan metode untuk meningkatkan elastisitas kulit seperti pijat perut dalam gerakan melingkar beberapa kali sehari, dapat disertai oleh beberapa jenis Krim atau minyak yang mengandung cocoa butter, vitamin E atau minyak almond.

Juga, setelah bayi Anda lahir, Anda juga harus terus merawat stretch mark agar tidak meninggalkan bekas secara permanen.

Pigmentasi kulit

Wanita hamil sangat rentan terhadap pigmentasi kulit. Bintik-bintik coklat ini disebabkan oleh perubahan hormonal selama kehamilan dan kontak langsung dengan matahari. Untuk mencegah kulit terbakar, cara paling sederhana adalah menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 atau lebih. Selain itu, untuk melembabkan bintik-bintik, Anda juga bisa menggunakan krim pelembab yang mengandung vitamin C.

Rambut kering

Mengubah hormon selama kehamilan membantu menjaga rambut tetap sehat dan tumbuh lebih cepat, tetapi sering menyebabkan kulit kepala sangat kering. Untuk membatasi situasi ini, ibu harus mencuci rambutnya setiap hari dengan sampo netral. Sebaliknya, beberapa wanita hamil memiliki rambut kering, dalam hal ini, gunakan pelembab untuk rambut dan kulit kepala setiap hari.

Selain itu, banyak wanita percaya bahwa mati selama kehamilan memiliki efek buruk pada janin. Namun, para ahli medis telah membuktikan bahwa sekaratnya rambut setelah trimester pertama hampir aman. Jika Anda tidak nyaman, Anda dapat memilih sorotan alih-alih warna penuh. Pewarna sayuran juga direkomendasikan untuk digunakan pada wanita hamil. Ingat, semakin sedikit bahan kimia yang menyentuh kulit kepala Anda semakin baik.

BACA JUGA:  Hal Yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Saat Melakuan Perawatan Kulit

Kulit kering dan berjerawat

Mengubah hormon selama kehamilan juga membuat kulit kering dan eksim. Cara paling efektif untuk menghindari masalah ini adalah dengan memberikan kelembapan yang tepat ke kulit setiap hari dan secara teratur terkelupas. Wanita hamil juga harus memperhatikan komposisi pelembab untuk menghindari zat yang tidak bersahabat seperti retin A, asam salisilat atau benzoyl peroxide.

Lingkaran hitam di bawah mata

Lingkaran hitam dapat membuat ibu hamil tampak lelah dan kurang vitalitas. Selain aktif dan rileks, Anda juga bisa menggunakan concealer atau foundation untuk mencerahkan lingkaran hitam.

Nyeri punggung

Sebagian besar wanita mengeluh tentang sakit punggung dan paha selama kehamilan. Pemijatan harian secara teratur akan membantu memperbaiki kondisi ini, tetapi Anda harus memulai metode ini setelah trimester pertama.

Varises

Kehamilan intravena adalah gejala umum dengan sekitar 55% wanita mengalami masalah ini selama kehamilan. American Institute of Preventive Medicine telah memperkenalkan sejumlah langkah untuk membantu mencegah pembentukan varises, termasuk: kaki yang lembut dan elastis, mengangkat kaki saat beristirahat, atau berdiri Setiap 45 menit ketika duduk lama. Jangan berdiri terlalu lama atau menyilangkan kaki Anda saat duduk.

Kaki terasa sakit

Untuk meredakan sakit kaki, Anda bisa merendam kaki Anda di air garam hangat, lalu oleskan pelembab. Selain itu, Anda juga dapat menemukan kaus kaki yang dirancang khusus untuk menjaga kaki tetap lembab.

Kerontokan rambut

Penurunan estrogen pascapartum (terutama jika menyusui) menyebabkan lebih banyak rambut rontok daripada biasanya. Anda dapat membatasi situasi ini dengan menggunakan pijatan minyak kelapa dari akar, menyeduh dengan jus apel atau jus lidah buaya yang efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here