Aset Musik Dijual, Taylor Swift Angkat Suara

0
80
Aset Musik Dijual, Taylor Swift Angkat Suara
Aset Musik Dijual, Taylor Swift Angkat Suara

Taylor Swift kembali terlibat perseteruan dengan salah satu manajer artis yang sudah tak aneh lagi, Scooter Braun. Pria yang selama ini dikenal sebagai manajer Justin Bieber ini memanfaatkan kuasanya untuk membeli Big Machine Record, yang merilis semua album Swift dan mempunyai master rekaman lagu-lagu Swift.

Merasa kecewa, Taylor Swift angkat suara. Ia memperlihatkan bunyi terbuka pada akun Tumblr pribadinya, dan menyampaikan bahwa Scooter Braun melakukannya demi laba pribadi. Ia mengklaim Scooter Braun dan Scott Borchetta, penggerak Big Machine Records ialah sosok laki-laki manipulatif yang telah menipunya.

Ia mengungkapkan bahwa semenjak usang dirinya ingin membeli dan memegang hak secara penuh atas karya-karyanya terdahulu. Namun ia mengaku dipersulit oleh pemilik label yang justru menjualnya ke orang lain yakni manajer Justin Bieber, Scotter Braun, orang yang dianggap Taylor ikut menjatuhkannya ketika terjadi drama dengan Kim Kardashian dan Kanye West pada 2016 silam.

Hal ini yang sempat membuatnya tidak betah dan meninggalkan Big Machine, kemudian meneken kontrak dengan Universal Music Group pada November 2018. Menurutnya tetap bertahan di label lamanya hanya akan menghambat pertumbuhan karier dan musiknya pada masa depan.

“Ketika saya meninggalkan master (kepada pendiri Big Machine, Scott), awalnya saya hanya mampu pasrah ia akan menjualnya. Namun, tidak pernah terlintas dari mimpi burukku pihak yang akan membeli karyaku ialah Scooter Braun. Setiap saya menceritakan perihal Scooter Braun kepada Scott Borchetta, ceritaku hampir selalu penuh dengan isakan tangisku,” tulis Taylor Swift.

Pemilik album Reputation ini juga menulis, bahwa sekarang Braun sudah ‘menelanjangi dirinya’ dengan memakai hasil kerjanya yang telah dibuatnya seumur hidup. “Warisan musikku akan menjadi omong kosong ketika berada di tangan seseorang yang mencoba untuk mengobrak-abriknya,” tulis Swift.

Justin Bieber yang ikut terseret dalam perkara ini pun menuliskan permohonan maaf pada Taylor dan berniat untuk mengajaknya bertemu untuk menuntaskan kesalahpahaman yang terjadi. Pada Minggu (30/6), telah menciptakan postingan Instagram yang menyakiti hati Taylor. Saat itu, Justin mengunggah foto video callnya dengan Scooter Braun dan Kanye West di mana dalam captionnya ia menuliskan, “Taylor Swift What Up”.

Namun, Bieber menyayangkan perilaku Taylor Swift yang pribadi menyerang Braun di media sosial, dan menganggap tindakan tersebut sangat tidak adil terhadap sang manajer. Ia juga menyatakan bahwa Scooter tidak ada sangkutpautnya dengan caption yang ditulis. Sebaliknya, Scooter ialah orang yang mengingatkan Justin untuk tidak bercanda sedemikian rupa.

“Scooter telah usang mendukungmu. Selama bertahun-tahun, kami tidak pernah melewati batas dan sebisa mungkin selalu meluruskan perbedaan pendapat, sakit hati ataupun frustasi. Makara dengan kau mengumbarnya di media umum dan mensugesti orang-orang untuk membenci Scooter bukanlah tindakan yang benar,”tulis Justin.

Di final pernyataannya, Justin Bieber mengungkapkan bahwa berkicau di media umum tidak akan menciptakan perkara selesai. Singkatnya, Bieber ingin permasalahan antara Scooter Braun dan Taylor Swift mampu diselesaikan dengan cara yang baik.

BACA JUGA:  Pertama di Dunia, Yamaha Luncurkan Seri PSR Terbaru

Dukungan Mengalir

Setelah perkara ini ramai dibicarakan, pemberian pun mengalir untuk Swift. Tidak hanya dari para fans yang meramaikan tagar #WeStandWithTaylor, tetapi juga dari beberapa selebriti papan atas. Semisal, penyanyi Halsey, rapper Iggy Azalea, sutradara Joseph Kahn, serta model Cara Delevingne.

Dalam cuitan di Twitter, Halsey mengungkapkan alasan mengapa dirinya bangun membela Swift. Penyanyi asal Amerika ini menyebut Taylor menjadi salah satu alasan dirinya bersikeras menulis sendiri musiknya.

“Taylor Swift ialah alasan besar mengapa saya selalu bersikeras untuk menulis musik saya sendiri. Saya percaya kalau ia mampu melakukannya, maka saya pun juga. Sebab itulah cara menciptakan seseorang mampu merasakan. Dia layak untuk mempunyai kerja keras dari hatinya. Dia telah melalui segala hal yang mungkin tak semua musisi mampu melakukannya,” tulis Halsey.

Kemudian, rapper terkemuka Iggy Azalea juga memperlihatkan pendapat perihal perkara akad yang tengah menyandung Swift. “Memberitahu seseorang perihal akad beberapa hari sebelum diumumkan berarti akad telah dilakukan dan ia tidak pernah mempunyai kesempatan untuk menciptakan ajuan untuk mempunyai aset musiknya sendiri. Kesepakatan ini membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dinegosiasikan dalam bentuk panjang,” ujarnya.

Sedangkan sutradara yang pernah meraih penghargaan Grammy untuk Video Musik Terbaik, Joseph Kahn menyebut, “Ada satu cara bagi @scooterbraun untuk menyelamatkan situasi ini dan memperbaikinya. Jual lagu Taylor kembali padanya. Dia mampu menyimpan sisa dari Big Machine. Semua artis sedang menonton.”

Tidak hanya mengkritik Braun, super model sekaligus sobat erat Swift, Cara Delevign turut ambil bunyi untuk mengomentari kolom komentar postingan Instagram Justin Bieber. Ia menanggapi komentar Hailey Baldwin yang menuliskan, “Gentleman” di akun sang suami.

“Gentleman? @haileybieber @justinbieber niscaya kau sedang bosan. Aku harap kau nggak selalu nempel sama laki-laki dan lebih punya banyak waktu untuk memahami dan menghargai perempuan dan pendapat mereka. Sebagai laki-laki yang sudah menikah, harusnya kau mengangkat derajat perempuan daripada menjatuhkan mereka hanya sebab kau merasa terancam. Aku nggak yakin kau paham makna kata maaf yang sebenarnya,” tulis Cara.

Terdengar Katy Perry dan sejumlah musisi mirip Miley Cyrus, Nicki Minaj, Camila Cabello, Selena Gomez, Adele, dan Gwen Stefani dilaporkan pribadi ‘unfollowed’ akun media umum milik Braun usai pengumuman akuisisi aset musik Swift.

Namun, posisi Braun juga menerima pemberian dari Demi Lovato. Dia menulis, “Saya telah berhadapan dengan orang-orang di industri ini dan Scooter bukanlah satu dari itu. Dia orang baik, saya bersyukur ia tiba ke dalam hidup saya. Tolong berhenti menjatuhkan dan menghina mereka. Sudah cukup banyak kebencian di dunia ini,” tulisnya di Story Instagram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here