Konsumsi Vitamin Ini Jika Kehamilan Anda Tidak Ingin Terganggu

0
352
Vitamin Untuk Ibu Hamil
Vitamin Untuk Ibu Hamil

Vitamin Untuk Ibu Hamil – Setiap ibu hamil pasti membutuhkan asupan vitamin buat janinnya. Vitamin tersebut berguna untuk menjaga perkembangan janin tersebut. Pertanyaannya adalah “Vitamin apa saja sih yang diperlukan seorang ibu saat hamil?”

Vitamin buat ibu hamil memang sangat diperlukan agar pertumbuhan dan perkembangan janin dapat optimal dan ibu sendiri menjadi sehat. Jangan sampai Anda khususnya yang lagi hamil kekurangan vitamin penting. Kekurangan vitamin penting akan berakibat fatal, kenapa? Karena apabila kekurangan vitamin penting, maka bisa mengakibatkan anemia, abortus, partus prematurus, inertia uteri, pendarahan pasca persalinan, sepsis puerperalis dan lain-lain. Oleh karena itu, seorang ibu yang lagi hamil harus mendapatkan vitamin atau nutrisi yang cukup guna mencegah kejadian tersebut.

Adapun nutrisi atau vitamin penting yang diperlukan ibu saat hamil, antara kain :

  1. Asam Folat

Asam Folat merupakan vitamin B yang dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang merupakan kelainan  serius pada otak dan sumsum tulang belakang. Kekurangan asam folat ini bisa menyebabkan resiko berat badan lahir rendah dan terjadinya kelahiran prematur. Sumber asam folat adalah sayuran hijau, jeruk dan kacang-kacangan.

  1. Kalsium

Kalsium berguna untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat, mencegah osteoporosis, penyimpanan glikogen dan melancarkan fungsi otot, otak dan sistem saraf. Kekurangan kalsium akan berakibat spasme (kejang) otot, gangguan fungsi otak dan saraf. Sumber kalsium adalah produk susu, jus buah dan sereal.

  1. Vitamin D

Vitamin D berguna untuk membantu penyerapan kalsium di usus dan masuknya kalsium dari darah serta jaringan ke sel-sel tulang untuk menguatkan tulang dan gigi. Sumber vitamin D adalah lemak ikan (salmon dan tuna), susu dan jus jeruk.

  1. Protein
BACA JUGA:  Makanan yang mengandung zat besi yang bermanfaat untuk ibu hamil

Protein berguna untuk pertumbuhan bayi Anda, khususnya selama trimester kedua dan ketiga. Sumber protein adalah daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan dan produk susu.

  1. Zat Besi

Zat besi berguna untuk membuat hemoglobin yaitu protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan tubuh. Selama kehamilan, zat besi berguna untuk mensuplai bayi agar kebutuhan darahnya terpenuhi.

Itulah pembahasan mengenai Vitamin Untuk Ibu Hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. Amiin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here